Maryamunida, Maryamunida (2021) Penggunaan media Flash Card untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa Kelas I di MI Al-Hidayah Cikadu Kab. Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (206kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
||
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh kemampuan membaca permulaan siswa yang masih rendah, metode pembelajaran yang belum optimal, kemampuan siswa yang berbeda-beda dan media pembelajaran yang masih terbatas. Akibatnya siswa mengalami kesulitan dalam membedakan huruf, melafalkan kata dan kurang lancar dalam membaca kalimat sederhana. Tujuan penelitian ini ialah, 1) Untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan siswa kelas I sebelum menggunakan media flash card di MI Al-Hidayah Cikadu Kabupaten Tasikmalaya. 2) Untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan siswa kelas I setelah menggunakan media flash card di MI Al-Hidayah Cikadu Kabupaten Tasikmalaya pada setiap siklus. 3) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 melalui penggunaan media flash card di MI Al-Hidayah Cikadu Kabupaten Tasikmalaya pada akhir siklus. Penelitian ini didasarkan pemikiran bahwa faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca permulaan salah satunya dengan menggunakan media flash card. Maka hipotesis penelitian ini yaitu dengan menggunakan media flash card diduga kemampuan membaca permulaan siswa kelas I MI Al-Hidayah Cikadu Kabupaten Tasikmalaya dapat meningkat. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Dilakukan dalam 2 siklus dengan setiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu; perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian yang diperoleh yaitu melalui observasi, dokumentasi dan tes. Peneliti menggunakan subjek kelas I MI Al-Hidayah Cikadu sebanyak 16 siswa. Hasil penelitian ini diperoleh dari kemampuan membaca permulaan siswa kelas I menggunakan media flash card dan mengalami peningkatan setiap siklus. Hal ini dapat dilihat dari data berikut: 1) hasil kemampuan membaca permulaan siswa sebelum menggunakan media flash card kemampuan siswa yaitu sebesar 31% dengan nilai rata-rata sebesar 52,3. 2) hasil peningkatan aktifivitas guru siklus I tindakan I dan tindakan II mencapai 66% dan 74% dan aktivitas siswa pada siklus I tindakan I dan II mencapai 59% dan 69%. Pada siklus I respon siswa terhadap guru masih sedikit sedangkan pada siklus II tindakan I dan II aktivitas guru mencapai 84% dan 93% kemudian aktivitas siswa pada siklus II tindakan I dan II yaitu mencapai 82% dan 91%. 3) hasil tes yang diberikan guru kepada siswa pada siklus I tindakan I dan II diperoleh nilai rata-rata sebesar 64,81 dan 74,88 dengan tingkat kemampuan membaca permulaan siswa mencapai 44% dan 56%. Pada siklus II tindakan I dan II diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,38 dan 90,06 dengan tingkat kemampuan membaca permulaan mencapai 88% dan 94%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Flash Card; Membaca Permulaan; Siswa Kelas I |
Subjects: | Christianity > Education, Research Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | maryamunida maryamunida |
Date Deposited: | 01 Oct 2021 12:28 |
Last Modified: | 01 Oct 2021 12:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/44274 |
Actions (login required)
View Item |