Hubungan pemahaman konsep dengan keterampilan berpikir kritis siswa melalui virtual laboratory pada sub materi pokok kalor: Penelitian pre eksperimen di kelas X SMA Negeri 3 Garut

Zahra, Ulya Auliya (2013) Hubungan pemahaman konsep dengan keterampilan berpikir kritis siswa melalui virtual laboratory pada sub materi pokok kalor: Penelitian pre eksperimen di kelas X SMA Negeri 3 Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_babI.pdf

Download (720kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_babII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_babIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_babIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan virtual laboratory pada materi kalor; (2) pemahaman konsep siswa setelah pembelajaran menggunakan virtual laboratory pada materi kalor; (3) keterampilan berpikir kritis siswa setelah pembelajaran menggunakan virtual laboratory pada materi kalor. (4) ada tidaknya hubungan yang signifikan antara pemahaman konsep dengan keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan virtual laboratory pada materi kalor. Metode yang digunakan adalah pre eksperimen dengan desain one-shot case study. Penelitian dilakukan di kelas X SMAN 3 Garut. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan yang menjadi sampel adalah kelas X-2 yang berjumlah 30 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui lembar observasi, tes pemahaman konsep dan tes keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan analisis data diperoleh: (1) keterlaksanaan aktivitas guru pada proses pembelajaran fisika dalam kategori baik dengan rata-rata keterlaksanaan 82.51% dan aktivitas siswa dalam kategori sedang dengan rata-rata siswa aktif 77.61%; (2) pemahaman konsep siswa termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 77.53; (3) keterampilan berpikir kritis siswa termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 77.87; (4) hubungan pemahaman konsep dengan keterampilan berpikir kritis siswa berkorelasi sedang dengan koefisien korelasi sebesar 0.45. Korelasi tersebut signifikan pada taraf 5% dengan thitung (3.02) > ttabel (2.05).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep; Keterampilan Berpikir Kritis; Virtual Laboratory; Kalor;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Laboratories
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 3781 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2017 05:21
Last Modified: 25 Apr 2019 03:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/4459

Actions (login required)

View Item View Item