Astuti, Ayu Maria (2021) Aktivitas siswa mengikuti pembelajaran online pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian pada siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Conggeang, Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (573kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (717kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunya hasil belajar kognitif siswa dalam mengikuti pembelajaran online saat ini. Sejumlah siswa kurang pemahamannya dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam dibandingkan dengan pelajaran umum lainnya. Ketika pembelajaran berlangsung banyak siswa yang mengabaikan, sehingga kurangnya hasil belajar siswa terhadap materi Pendidikan Agama Islam (PAI) menyebabkan kondisi pembelajaran kurang kondusif dalam kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Aktivitas siswa mengikuti pembelajaran online Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Conggeang Kabupaten Sumedang, 2) Hasil belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Conggeang Kabupaten Sumedang 3) Pengaruhnya aktivitas siswa mengikuti pembelajaran online terhadap terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Conggeang Kabupaen Sumedang. Penelitian ini melihat pada sebuah asumsi bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya oleh aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan asumsi tersebut hipotesis pada penelitian ini yaitu semakin tinggi aktivitas siswa mengikuti pembelajaran online, maka semakin baik pula hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pendekatan dalam penelitian ini, yakni pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan korelatif asosiatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, tes dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu setelah data kuantitatif terkumpul dengan lengkap maka akan dianalisis dengan menggunakan pendekatan statistika. Pada penelitian ini peneliti memilih rancangan penelitian dengan tahap menentukan sampel penelitian yang menggambarkan populasi. Penulis dalam melakukan tingkat kelas menggunakan Sampling Purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Hasil penelitian diperoleh bahwa, 1) Aktivitas siswa mengikuti pembelajaran online pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (variabel X) termasuk kategori tinggi dengan skor rata-rata 3,16. Angka tersebut berada pada interval 2,51 – 3,50. 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI (variabel Y) termasuk kategori sangat baik dengan skor 85,9. Angka tersebut berada pada interval 80 – 100. 3) Pada aktivitas siswa mengikuti pembelajaran online pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam termasuk kategori korelasi sedang atau cukup dengan koefisien korelasi 0,09 dan kadar pengaruhnya sebesar 5%, artinya terdapat pengaruh positif antara aktivitas siswa mengikuti pembelajaran online dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran online; hasil belajar; PAI; pendidikan agama islam |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ayu Maria Astuti |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 07:18 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 07:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/44837 |
Actions (login required)
View Item |