Robiyah, Ula Roudhotu (2021) Peran kegiatan Belajar Murid Berkunjung (JARMUNJUNG) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas 5 SDN Gapurawinaya : Penelitian Mixed Method di kelas 5 SDN Gapurawinaya Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (210kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya upaya pencegahan covid-19 yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan menutup pembelajaran tatap muka dan menerapakan belajar dari rumah melalui pembelajaran dalam jaringan (daring) yang menimbulkan pro dan kontra baik dari siswa, guru, maupun orang tua. Hal ini dikarenakan dalam penerapannya muncul berbagai masalah yang berimbas terhadap menurunnya motivasi belajar siswa. Dalam menyikapi masalah tersebut SDN Gapurawinaya menerapkan suatu kegiatan belajar yang disebut dengan jarmunjung (belajar murid berkunjung). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa, bantuan yang diberikan oleh guru, dan motivasi belajar siswa selama kegiatan jarmunjung di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas 5 SDN Gapurawinaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method, yaitu menerapkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan metode deskriptif analitik. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa dan guru kelas 5 SDN Gapurawinaya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) Aktivitas yang dilakukan oleh siswa kelas 5 dalam kegiatan jarmunjung dapat dikatakan baik karena aktivitas belajar yang dilakukan sesuai dengan tahap-tahap pembelajaran yang standar dan seharusnya. Dimulai dari menyiapkan keperluan untuk belajar, lalu mengikuti proses pembelajaran yang berawal dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup, hingga membereskan keperluan belajarnya untuk siap-siap pulang ke rumah masing-masing. 2) Bantuan yang diberikan oleh guru kelas 5 dalam kegiatan jarmunjung dapat dikatakan sudah cukup memadai dalam membantu proses belajar siswa di masa pandemi covid-19. Bantuan tersebut terdiri dari bantuan yang berkaitan dengan proses pembelajaran, bantuan dalam penyedian alat dan sumber belajar, bantuan yang berkaitan dengan proses evaluasi hasil belajar, serta bantuan yang berkaitan dengan permotivasian siswa. 3) Motivasi belajar siswa kelas 5 selama kegiatan jarmunjung tergolong tinggi. Hal itu dibuktikan dari hasil penyebaran angket motivasi belajar pada 15 orang siswa yang menunjukkan bahwa siswa rata-rata memilih pernyataan yang mendukung dalam memenuhi indikator motivasi belajar dengan persentase mencapai 87,12% yang dikategorikan tinggi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Kegiatan jarmunjung; Motivasi Belajar; Pandemi Covid-19 |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ula Roudhotu Robiyah |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 08:12 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 08:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/44843 |
Actions (login required)
View Item |