Deni Gunawan, Deni (2014) Hubungan Antara Pemahaman Siswa Tentang Akhlak Terpuji Dengan Kedisiplinan Sehari-hari di Sekolah (Penelitian di SMA AL-ISLAM Kota Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (510kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
Abstract
Penelitian ini bertolak dari fenomena yang muncul di SMA AL-ISLAM Kota Bandung yaitu setelah dilakukannya studi pendahuluan diperoleh bahwa dari hasil studi pendahuluan di SMA AL-ISLAM Kota Bandung pada pembelajaran akidah akhlak terutama pada akhlak terpuji terdapat fenomena yang cukup menarik untuk diteliti. Penelitian ini membahas dua vriabel, yaitu variabel “pemahaman tentang akhlak terpuji” dan variabel “kedisiplinan sehari-hari di sekolah”. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah hubungan antara pemahaman akhlak terpuji dengan kedisiplinan sehari-hari di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas hubungan antara pemahaman akhlak terpuji siswa di SMA AL-ISLAM Kota Bandung dengan kedisiplinan mereka sehari-hari di sekolah. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini adalah : Pemahaman mempunyai arti penting bagi setiap anak didik untuk melakukan sesuatu, guna mencapai sesuatu yang diharapkan. Dalam kaitannya dengan prilaku kedisiplinan, bahwa perilaku kedisiplinan adalah tingkah laku atau aktifitas-aktifitas yang merupakan investasi kehidupan psikis. Mengenai pentingnya pemahaman sebagai bagian dari ranah kognitif hubungannya dengan perilaku seseorang, kecakapan kognitif itu berpengaruh besar terhadap ranah afektif dan psikomotor. Perubahan sikap dan perilaku seseorang yang terjadi akibat pengajaran sebagian besar diakibatkan oleh proses belajar kognitif yang berhubungan dengan adanya pemahaman dalam diri siswa dari materi-materi yang diperolehnya selama terjadi proses belajar mengajar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif, karena metode ini dipandang cocok untuk penelitian ini. Metode deskriptif di arahkan untuk memecahkan masalah dengan cara memaparkan atau menggambarkan hasil penelitian. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah, tes, angket, observasi, wawancara, studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Penyebaran tes dan angket di tujukan kepada 56 orang siswa sebagai sampel sebanyak 15 item. Setelah data terkumpul maka dianalisis melalui analisis data dan analisis korelasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : Pertama, realitas pemahaman tentang akhlak terpuji (Variabel X) berdistibusi sedang yaitu sebesar 65,92. Nilai tersebut termasuk katagori sedang karena berada pada interval 60-80. Kedua, realitas kedisiplinan sehari-hari di sekolah (Variabel Y) diperoleh hasil 3,98. Nilai tersebut termasuk kategori sedang karena berada pada interval 3,50 – 4,50. Ketiga, Realitas hubungan antara pemahaman akhlak terpuji dengan kedisiplinan siswa sehari-hari diperoleh harga korelasi 0,71 dapat diinterpretasikan bahwa hubungan antara variabel X (pemahaman tentan akhlak terpuji) dengan variabel Y (kedisiplinan sehari-hari di sekolah) tergolong pada katagori hubungan tinggi, karena harga tersebut berada pada rentang interval 0,61 – 0,80.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 3781 not found. |
Date Deposited: | 19 Oct 2017 03:56 |
Last Modified: | 19 Oct 2017 03:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/4489 |
Actions (login required)
View Item |