Flara, Riana Lady (2021) Pengembangan LKPD untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada Materi Momentum dan Impuls dengan memanfaatkan Sensor (In) Elastic Collision pada Aplikasi Phyphox. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (245kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang dari masalah yang ditemukan dilapangan bahwa pemanfaatan sensor android untuk praktikum fisika masih jarang digunakan pada proses pembelajaran, padahal mayoritas guru dan peserta didik sudah memiliki android. Selain itu kemampuan kognitif peserta didik masih rendah dengan rata-rata PAS yang hanya 45 dari KKM 78. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD, peningkatan kemampuan kognitif, dan hasil angket respon peserta didik. Metode penelitiannya yaitu R & D dengan model Borg and Gall yang umumnya memiliki 10 tahapan. Namun, pada penelitian ini dibatasi sampai 9 tahapan. Subjek penelitian yaitu peserta didik X MIA SMAN. 1 Pelabuhnaratu. Hasil validasi LKPD dari ahli materi 77,08% (valid), dari ahli media 97,22 % (sangat valid), dari guru fisika I sebesar 95% (sangat valid), dan dari guru fisika II sebesar 93% (sangat valid). Adapun hasil uji hipotesis diperoleh bahwa N-Gain sebesar 0,56 (sedang) dengan t hitung sebesar 12,719 dan t tabel pada taraf signifikansi 0,05 sebesar 2,008 karena 12,719 > 2,008 (t hitung > t tabel) maka Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini berarti bahwa terdapat peningkatan kemampuan kognitif pada peserta didik. Sedangkan untuk angket respon peserta didik diperoleh aspek kemudahan 79% (baik), aspek motivasi 82% (baik), dan aspek kemenarikan 81% (baik).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran; Sensor (In) Elastic Collision; LKPD |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Riana Lady Flara |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 02:34 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 02:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/44985 |
Actions (login required)
View Item |