Gemilang, Putra Anugerah (2021) Kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam dalam menggunakan media E-Learning : Penelitian di SMK Bakti Nusantara 666 Cileunyi Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (210kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan, SMK Bakti Nusantara 666 menerapkan proses pembelajaran daring menggunakan media e-learning yang sudah berlangsung sejak awal maret 2020 hingga saat ini. Kompetensi Profesional sangat diperlukan oleh guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam dalam melaksanakan pembelajaran daring menggunakan media e-learning. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk mengkaji sejauh mana kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam dalam menggunakan media e-learning di SMK Bakti Nusantara 666. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam di SMK Bakti Nusantara 666 Cileunyi Bandung. (2) Kelengkapan media e-learning di SMK Bakti Nusantara 666 Cileunyi Bandung. (3) Penggunaan media e-learning oleh guru PAI di SMK Bakti Nusantara 666 Cileunyi Bandung. Penelitian ini didasari oleh pentingnya kompetensi profesional yang harus dimiliki oleh guru PAI dalam melaksanakan jalannya pendidikan. Di masa pandemi, kegiatan pembelajaran harus dilaksanakan secara daring dan menggunakan media e-learning. Dengan kompetensi profesional yang mengacu kepada UU Guru dan Dosen No.14 Tahun 2005 pasal 1 ayat 1 maka guru PAI akan mampu bertanggung jawab mencapai tujuan pembelajaran meskipun kegiatan pembelajaran harus dilaksanakan secara daring. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Kemudian teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun yang menjadi narasumber adalah guru Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: (1) Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam di SMK Bakti Nusantara 666 sudah cukup baik dilihat dari hasil belajar siswa yang sesuai dengan target yang diharapkan. (2) Kelengkapan media e-learning yang digunakan di SMK Bakti Nusantara 666 sudah cukup baik, fitur-fitur yang tersedia sangat membantu kinerja guru Pendidikan Agama Islam dalam melaksanakan pembelajaran daring. (3) Penggunaan media e-learning mampu dimaksimalkan dengan baik oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam menyusun perencanaan pembelajaran, memilih dan menggunakan metode pembelajaran yang tepat, menyampaikan materi pelajaran, serta mengevaluasi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Profesional; Guru Pendidikan Agama Islam; Media E-Learning |
Subjects: | Education, Research Islam > Islamic Religious Education Education Adult Education > Distance Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Putra Anugerah Gemilang |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 06:49 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 06:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45160 |
Actions (login required)
View Item |