Nida, Nadillah and Ading, Pramadi and Milla, Listiawati (2017) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Project Based Learning Pada Topik Ekologi. Jurnal Skripsi Pendidikan Biologi.
|
Text (Full Text)
jurnal Nida Nadillah (1).pdf Download (474kB) | Preview |
Abstract
Lembar kerja siswa (LKS) merupakan lembaran tugas dan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu tugas yang harus dikerjakan. Pada umumnya disekolah LKS berupa kumpulan-kumpulan soal yang harus dikerjakan oleh siswa tanpa disertai dengan kegitan observasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan LKS berbasis Project Based Learning pada topik Ekologi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D. Prosedur yang diadaptasi tersebut meliputi empat tahap: (1) Define, (2) Design, (3) Develop, dan (4) Disseminate. Kelayakan LKS di nilai penilaian ahli ditinjau dari aspek materi, bahasa, isi yang disajikan, grafik, kelengkapan komponen LKS, dan kesesuaian komponen LKS berbasis Project Based Learning. Data penelitian diperoleh dari hasil validasi ahli, aktivitas siswadan penilaian hasil belajar siswa yang dilakukan pada saat uji coba di SMAN Jatinangor. Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran biologi berupa lembar kerja siswa (LKS) berbasis Project Based Learning. Berdasarkan penilaian (Validasi) yang dilakukan oleh pakar. LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria layak dengan skor rata-rata 83%, dan katagori “sangat baik”, sedangkan aktivitas siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan LKS menunjukan nilai rata-rata 74%. Hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa LKS berbasis Project Based Learning pada materi ekologi adalah 85.5 dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan; Project Based Learning; Lembar Kerja Siswa; Ekologi |
Subjects: | Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 13 Oct 2017 07:19 |
Last Modified: | 07 May 2019 06:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/4524 |
Actions (login required)
View Item |