Mulyana, Yuli (2021) Bimbingan keagamaan untuk meningkatkan pengamalan simbol ketaatan beragama: Penelitian pada peserta didik RA Miftahul Ulum Desa Parasi Kelurahan Karangpari Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes. Sarjana thesis, UIN sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (162kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana bimbingan keagamaan yang ada di RA Miftahul Ulum untuk meningkatan pengamalan simbol ketaatan beragama pada diri siswa. Berdasarkan hasil observasi di lapangan bahwasanya siswa di RA Miftahul Ulum belum mengetahui bagaimana cara mengamalkan simbol-simbol ketaatan beragama. Oleh karena itu, saya tertarik untuk meneliti dan mencari bagaimana bimbingan keagamaan yang dilakukaan di RA Miftahul Ulum untuk meningkatkan pengamalan simbol ketaatan beragama pada diri siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana bimbingan keagamaan, kondisi, proses bimbingan keagamaan dan hasil dari pelaksanaan bimbingan keagamaan untuk meningkatkan pengamalan simbol ketaatan beragama yang diadakan di RA Miftahul Ulum kepada siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan memberikan data yang faktual dan akurat mengenai fakta-fakta yang sesuai dengan bimbingan agama islam untuk meningkatkan pengamalan simbol ketaatan beragama pada siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik observasi, teknik pengamatan dan teknik wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bimbingan keagamaan untuk meningkatan pengamalan simbol ketaatan beragama yang diberikan kepada siswa RA Miftahul Ulum Desa Parasi ini sangat berpengaruh terhadap ketaatan mereka dalam hal ibadah. Metode cerita (ceramah), metode bermain, dan metode bernyanyi yang disampaikan kepada anak membuat anak-anak merasa senang dan tidak membosankan ketika diberikan bimbingan oleh guru (pembimbing).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Keagamaan; Simbol Ketaatan Beragama; Siswa |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Yuli Mulyana |
Date Deposited: | 25 Oct 2021 06:10 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 06:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45305 |
Actions (login required)
View Item |