Fitriyani, Rismaya (2021) Pengembangan website berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (526kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (858kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan yang harus dimiliki peserta didik pada abad 21. Media pembelajaran website berbasis problem based lerning merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan media website berbasis problem based learning, keterlaksanaan kegiatan pembelajaran, dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan media website berbasis problem based learning. Metode yang digunakan yaitu Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Sampel dalam penelitian merupakan peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 1 Tukdana yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran website berbasis problem based learning sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan presentase 90,9%, keterlaksanaan kegiatan pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik dengan presentase aktivitas guru sebesar 93% dan aktivitas peserta didik sebesar 91%, serta terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis masuk pada kategori sedang dengan nilai N-gain sebesar 0,65. Sedangkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji paired sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05 memperoleh nilai thitung sebesar 11,687 dan ttabel sebesar 2,002 (t hitung > t tabel) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah belajar dengan menggunakan media pembelajaran website berbasis problem based learning pada materi usaha dan energi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan berpikir kritis; media pembelajaran; usaha dan energi; website |
Subjects: | Education, Research Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rismaya Fitriyani |
Date Deposited: | 01 Nov 2021 09:57 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 09:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45719 |
Actions (login required)
View Item |