Patoni, Acep Anton (2016) Manajemen peserta didik di madrasah aliyah: Penelitian di Madrasah Aliyah Assa’adah Jamanis Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (400kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
||
Text (BAB III)
6_babI3.pdf Restricted to Registered users only Download (648kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari pemikiran bahwa manajemen peserta didik dapat meningkatkan kualitas dan prestasi pada madrasah atau lembaga pendidikan lainnya, karena peserta didik merupakan bagian penting dalam penyelenggaraan pendidikan. Oleh karena itu, peserta didik harus dikelola dengan baik dan benar, karena untuk mengukur keberhasilan suatu lembaga pendidikan itu dapat diukur dari prestasi-prestasi peserta didiknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar alamiah Madrasah Aliyah Assa’adah, perencanaan manajemen peserta didik Madrasah Aliyah Assa’adah, pelaksanaan manajemen peserta didik Madrasah Aliyah Assa’adah, hasil yang diperoleh dari manajemen peserta didik Madrasah Aliyah Assa’adah, faktor penunjang dan penghambat manajemen peserta didik Madrasah Aliyah Assa’adah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode ini mendeskripsikan manajemen peserta didik Madrasah Aliyah Assa’adah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah dengan menggunakan teknikobservasi partisipasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi atau teknik menyalin. Untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penelitian, akan dilakukan dengan cara unitisasi data, katagorisasi data, dan penafsiran data. Adapun untuk uji absah data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan dalam melakukan pengamatan, triangulasi, pengecekan teman sejawat, kecukupan referensi, kajian kasus negativ (stadi kasus), pengecekan anggota, uraian rinci, audit kebergantungan, dan audit untuk kriteria kepastian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konsep manajemen peserta didik Madrasah Aliyah Assa’adah menggunakan pendekatan fungi manajemen: planing, organizing, actuating and controlling/evaluating. Dalam pelaksanaannya, teori manajemen peserta didik diaplikasikan dalam mengatur peserta didik untuk dapat mewujudkan visi misi dan tujuan Madrasah Aliyah Assa’adah. Evaluasi peserta didik dilakukan dengan tes tulis dan tidak tertulis, untuk mengukur aspek kognitif, afektif dan psikomotor peserta didik. Hasil yang telah dicapai dari manajemen peserta didik Madrasah Aliyah Assa’adah yaitu berbagai prestasi-prestasi lembaga dan peserta didik serta jumlah lulusan dari tiap tahunnya yang selalu meningkat. Mengingat keberhasilan manajemen peserta didik Madrasah Aliyah Assa’adah, maka perlu dijadikan acuan bagi madrasah atau lembaga pendidikan lainnya dalam pengelolaan peserta didik serta proses belajar dan pembelajarannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities General Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 18 Oct 2017 08:25 |
Last Modified: | 06 May 2019 02:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/4612 |
Actions (login required)
View Item |