Fauzi, Muhammad Fahrul (2021) Strategi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam meningkatkan perolehan suara Kota Cimahi pada Pemilu 2014-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (381kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (24kB) | Request a copy |
||
Text
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (43kB) | Request a copy |
Abstract
Pemilu merupakan fenomena yang selalu terjadi dalam kehidupan demokrasi. Perencanaan yang strategis dan cermat merupakan persyaratan utama keberhasilan bagi partai politik dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana strategi Partai Keadilan Sejahtera dalam meningkatkan perolehan suara pada Pemilu tahun 2014-2019 di Kota Cimahi?” Sementara, tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai Strategi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 2019 di Kota Cimahi. Metode yang digunakan adalah kualitatif, dengan Ketua DPD PKS Cimahi, Sekretaris Umum DPD PKS Cimahi, Ketua Badan Pemenangan Pemilu dan Pemilukada PKS Cimahi, Ketua Badan Pelayanan Umat PKS Kota Cimahi, dan anggota PKS Cimahi sebagai informan dalam penelitian ini. Sedangkan pengumpulan data yang dilakukan secara kualitatif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi Partai Keadilan sejahtera Cimahi dalam meningkatkan suara pada pemilu 2019 menerapkan strategi politik dengan pendekatan marketing politik yaitu segmentasi merupakan pemilihan kelompok masyarakat tertentu yang paling mungkin dipengaruhi oleh program strategiu kampanye PKS (pemetaan wilayah pemilih); Targetting suaranya; positioning (penentuan posisi) yang merupakan strategi untuk menanamkan citra tertentu kepada satu atau beberapa kelompok pemilih. Dalam Strategi Kampanye, PKS memiliki 7 strategi yaitu pemberitaan media massa, LT212, P40tang, silaturahim tokoh, flash mob, dirrect selling door to door, janji politik kampanye yang dilakukan di Kota Cimahi. Berdasarkan hasil pemilu 2019, suara yang diperoleh PKS 51.528 atau setara dengan 7 kursi DPRD dan pada pemilu 2014 PKS hanya memperoleh 27.649 setara dengan mendapatkan 5 kursi DPRD Cimahi, maka strategi yang diterapkan dinilai meningkat suaranya berjumlah 23.879 setara dengan 46%. Strategi politik PKS Kota Cimahi berhasil dan efektif dalam Pemilu Legislatif pada tahun 2019.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi;PKS;Pemilu |
Subjects: | Political Process > Programs and Ideologies of Parties Political Process > Parties in Indonesia Political Process > Campaigns and Parties in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam |
Depositing User: | Muhammad Fahrul Fauzi |
Date Deposited: | 22 Nov 2021 04:27 |
Last Modified: | 22 Nov 2021 04:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/46387 |
Actions (login required)
View Item |