Annis Safitri, Annis (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Contektual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas X SMAN 1 Cikarang Selatan). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (574kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (841kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses belajar mengajar pada mata pelajaran Biologi memerlukan suatu model pembelajaran yang melibatkan peran siswa didalamnya. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang melibatkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran yang melibatkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran yaitu model Contektual Teaching And Learning merupakan salah satu alternatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi sains siswa dengan dan tanpa menggunakan model Contektual Teaching And Learning dan mengetahui pengaruh penggunaan model Contektual Teaching And Learning terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi pencemaran lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan menggunakan claster sampling. Penelitian dilaksanakan d ikelas X SMAN 1 Cikarang Selatan sebanyak 82 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes, lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan proses pembelajaran pada siswa menggunakan model Contektual Teaching And Learning adalah 78 % (baik). Peningkatan kemampuan literasi sains siswa menggunakan model Contektual Teaching And Learning rata-rata N-Gain sebesar 0.45 (sedang), peningkatan pembelajaran tanpa menggunakan model Contektual Teaching And Learning rata-rata N-Gain sebesar 0.17 (rendah). Hasil uji “t” diperoleh thitung 2.94 < Ztabel 2.09 pada taraf signifikan 1%, maka H0 ditolak (H1 diterima). Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Contektual Teaching And Learning terhadap peningkatan kemampuan literasi sains siswa pada materi pencemaran lingkungan. Tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan model Contektual Teaching And Learning diperolah nilai rata-rata sebesar 3.70 (Tinggi ).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Contektual Teaching, Learning, Literasi Sains, Pencemaran Lingkungan |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Sopia Respiawati |
Date Deposited: | 25 Oct 2017 02:58 |
Last Modified: | 25 Oct 2017 02:58 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/4680 |
Actions (login required)
View Item |