Nabila, Hana (2021) Pemahaman siswa terhadap materi adab bergaul dengan saudara dan teman hubungannya dengan perilaku Bullying : Penelitian korelasional terhadap siswa kelas IX di MTs Darul Ma'arif Pamanukan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (177kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan permasalahan yang terjadi di MTs Darul Ma’arif Pamanukan bahwa pemahaman siswa terhadap materi adab bergaul dengan saudara dan teman itu sangat baik, hal itu dilihat dari prestasi belajar siswa yang mencapai nilai rata-rata diatas KKM hampir 80% siswa, akan tetapi sebagian siswa akhlaknya masih rendah, hal itu dilihat dari perilaku siswa terhadap temannya. Masih ada beberapa siswa yang menjuluki temannya dengan perkataan yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pemahaman siswa terhadap materi adab bergaul dengan saudara dan teman; (2) Perilaku bullying siswa di MTs Darul Ma’arif Pamanukan; (3) Pemahaman siswa terhadap materi adab bergaul dengan saudara dan teman hubungannya dengan perilaku bullying. Menurut Muhibbin Syah pemahaman merupakan ranah kognitif yang dapat mengendalikan ranah afektif dan psikomotik (Muhibbin, 2017:48). Dengan demikian keberhasilan pengembangan ranah kognitif tidak hanya akan membuahkan kecakapan kognitif tetapi juga menghasilkan kecakapan ranah afektif (Muhibbin, 2017:53). Dengan begitu siswa yang memiliki pemahaman yang baik terhadap materi adab bergaul dengan saudara dan teman, maka perilaku bullyingnya akan lebih baik. Dari uraian tersebut diambil hipotesis semakin baik pemahaman siswa mengenai materi adab bergaul dengan saudara dan teman, semakin baik pula perilaku bullyingnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Adapun data penelitian diperoleh dengan teknik, tes, angket dan studi dokumentasi, dengan sampel 32 siswa, yakni 15% dari jumlah populasi 215 siswa kelas IX MTs Darul Ma'arif Pamanukan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Pemahaman siswa terhadap materi adab bergaul dengan saudara dan teman memiliki skor nilai dengan rata-rata 82,4, sehingga dapat dikategorikan sangat baik; (2) Perilaku bullying siswa memiliki skor nilai ratarata 3,8, sehingga dapat dikategorikan baik; (3) Hubungan pemahaman siswa pada materi adab bergaul dengan saudara dan teman dengan perilaku bullying siswa diperoleh angka 0,411 yang berkategori sedang karena berada pada interval 0,40-0,59. Berdasarkan perhitungan hasil uji hipotesis, diketahui thitung sebesar 2,467 dan ttabel sebesar 1,697. Dari hasi tersebut terbukti bahwa thitung lebih besar dari ttabel, yang artinya terdapat hubungan positif antara pemahaman siswa terhadap materi adab bergaul dengan saudara dan teman dengan perilaku bullying siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Materi Adab Bergaul dengan Saudara dan teman; Perilaku bullying |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Khoridatul Bahiyyah |
Date Deposited: | 24 Dec 2021 00:39 |
Last Modified: | 24 Dec 2021 00:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/47026 |
Actions (login required)
View Item |