Kusumahwardani, Devi (2021) Penerapan video animasi audiovisual berbasis Animaker untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak manusia : Penelitian pre-eksperimental pada siswa kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Rawamerta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (344kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (928kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (566kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan nilai ulangan siswa yang masih di bawah KKM yaitu pada mata pelajaran IPA memiliki KKM 70 dan tidak semua siswa mencapai nilai KKM. Dengan demikian diperlukan inovasi untuk menunjang proses pembelajaran daring dan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini menganalisis penerapan video animasi audiovisual berbasis animaker untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak manusia. Metode yang digunakan yaitu metode pre eksperiment dengan design one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data dengan lembar observasi, test dan angket. Hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran guru memiliki rata-rata88,13% dikategorikan sangat baik. Aktivitas keterlaksanaan siswa memiliki rata-rata 78,41% dengan kategori baik. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan video animasi audiovisual berbasis animaker rata-rata yaitu 71% yang dikategorikan tinggi. Dari hasil analisis penelitian, rata-rata pretest yaitu 44,17 dan rata-rata posttest yaitu 69,67. Dari hasil rata-rata tersebut memiliki selisih 25,5. Hasil perhitungan diketahui thitung (6,799) > ttabel (2,045), maka H0 ditolak yang artinya video animasi audiovisual berbasis animaker membantu meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video animasi audiovisual; animaker; hasil belajar; sistem gerak manusia |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Devi Kusumahwardani |
Date Deposited: | 24 Dec 2021 01:05 |
Last Modified: | 24 Dec 2021 01:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/47088 |
Actions (login required)
View Item |