Ani Kurnia, Ani (2014) Analisis Jenis Kesalahan yang Dilakukan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika (Penelitian Deskriptif di Kelas VII SMP Terpadu Al-Fatih Cikalongwetan Bab Segitiga dan Segiempat Subbab Segiempat). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (500kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (594kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
Abstract
Beberapa kompetensi harus dimiliki siswa dalam menemukan solusi dari soal cerita yang diselesaikan. Pertama, kemampuan verbal, yaitu kemampuan dalam memahami soal dan menginterpretasikannya sehingga dapat mentransfernya ke dalam model matematika. Kedua, kemampuan algoritma, yaitu kemampuan untuk menentukan algoritma yang tepat dalam menyelesaikan soal, ketelitian penghitungan serta kemampuan siswa untuk menarik kesimpulan dari hasil penghitungan yang siswa lakukan dan mengaitkannya dengan soal awal yang diselesaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) Jenis kesalahan apa yang dilakukan oleh siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita matematika, (b) Kemungkinan faktor penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika, dan (c) Solusi dari kesulitan yang dialami siswa dalam menyeesaikan soal cerita matematika. penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subyek penelitian siswa kelas VII-A SMP Terpadu Al-Fatih Cikalongwetan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri atas tes dan wawancara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) Jenis kesalahan yang dilakukan siswa terdiri atas 4 jenis, yaitu kesalahan dalam memahami masalah, persentasinya 24%, kesalahan dalam menyusun rencana untuk menyelesaikan masalah, presentasinya 46%, kesalahan dalam melaksanakan rencana penyelesaian masalah, persentasinya 26%, dan kesalahan karena tidak memeriksa kembali jawaban yang sudah ia buat, persentasinya 4%. (b) Faktor penyebab kesulitan siswa dikarenakan ketidaktahuan siswa akan sistematis pengerjaan soal cerita matematika yang benar, ketidaktelitian siswa dalam proses penghitungan dan faktor ketidak siapan siswa untuk belajar matematika. (c) Solusi dari kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika dapat dilakukan dengan cara: 1)Menanamkan pemahaman konsep yang lebih matang, agar ketika soal disajikan dalam bentuk cerita, siswa tetap memahami maksud soal tersebut, 2) Mengasah keterampilan siswa dengan memberikan berbagai jenis latihan untuk menyelesaikan soal cerita matematika dan 3) Memberikan contoh sistematika yang benar dalam menyelesaikan soal cerita matematika.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Jenis Kesalahan, Penyelesaian Masalah, Soal Cerita Matematika |
Subjects: | Analysis, Theory of Functions |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 3781 not found. |
Date Deposited: | 02 Nov 2017 07:53 |
Last Modified: | 02 Nov 2017 07:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/4725 |
Actions (login required)
View Item |