Sisma, Nuraftiani (2020) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Rumah Tanpa jendela karya Asma Nadia dan relevansinya bagi siswa MI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (342kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini setidaknya membahas dua permasalahan yaitu: a) nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel rumah tanpa jendela karya Asma Nadia. b) relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel rumah tanpa jendela karya Asma Nadia bagi anak MI. Penelitian ini menggunakan metode analysis content atau analisi isi suatu data dengan menggunakan pendekatan penelitian (research approach) kualitatif,yang merujuk pada data-data yang explorative yang kemudian diaplikasikan kepada permasalahan yang diteliti untuk mencapai suatu kesimpulan. Pendidikan karakter merupakan sebuah proses penanaman nilai. Suatu keberhasilan dalam mendidik karakter anak dapat menjadikan seorang anak tumbuh menjadi orang yang cerdas serta shaleh dan shalehah yang mempunyai jiwa sosial,adil,dan jujur serta mencintai dan menghormati sesame. Dalam mendidik dan mengajarkan nilai-nilai karakter bagi anak, dapat dilakukan dengan berbagai media pembelajaran salah satunya adalah novel yang diduga memiliki relevansi dengan pesan nilai-nilai pendidikan, salah satunya adalah novel rumah tanpa jendela karya Asma Nadia. Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel rumah tanpa jendela karya Asma Nadia diantaranya adalah : religius, jujur, toleransi, kerja keras dan pantang menyerah, kreatif, gemar membaca, peduli lingkungan dan sosial, tanggung jawab, ceria dan penuh semangat, pemberani, konsisten, bersyukur, hormat dan santun, sabar dan ikhlas, saling mencintai dan menyayangi, cerdas, tulus, adil dan bijaksana. Novel rumah tanpa jendela karya Asma Nadia dianggap relevan dengan nilai-nilai pendidikan karakter bagi anak MI karena setidaknya mencakup 9 nilai dari 18 nilai berdasarkan kemendikbud yang ada diantaranya : religius, jujur, toleransi, kerja keras, kreatif, gemar membaca, peduli sosial, peduli lingkungan, dan tanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai Pendidikan Karakter; Novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia; Siswa MI |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Sisma Nuraftiani |
Date Deposited: | 31 Dec 2021 01:08 |
Last Modified: | 31 Dec 2021 01:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/47284 |
Actions (login required)
View Item |