Alvina, Ratu Zakiah (2021) Penyampaian pesan komunikasi interpersonal pada remaja Bandung : Analisis pada akun Instagram @tempatbercakap. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (220kB) | Preview |
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) | Request a copy |
||
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) | Request a copy |
||
Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (562kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) | Request a copy |
Abstract
Dengan penyampaian pesan komunikasi antar manusia atau komunikasi interpersonal antar perorangan dan bersifat pribadi, baik yang terjadi secara langsung ataupun tidak langsung yang terjadi ketika seseorang (komunikator) mengirimkan stimuli (simbol verbal) untuk mnegubah tingkah laku orang lain dalam sebuah peristiwa komunikasi. Seperti komunikasi secara untuk yang memliki ciri-ciri tertentu, komuikasi interpersonal juga memiliki ciri dan karakteristik khusus. Dengan dua arah , dilakukaan secara tatap muka serta umpan balik. Komunikasi Interpersonal ini merupakan bagian aktif bukan pasif, yang bukan hanya komunikasi dari pengirim pesan, begitu pula sebaliknya, melaikan komunikasi timbal balik antara pengirim dan penerima pesan. Pada akun @tempatbercakap dalam kontennya menggunakan bentuk konten interaksi personal secara dialog atau monolog yang kebanyakan isi kontennya berisi tentang orang –orang terdekat yang ada pada kehidupan sehari-hari seperti keluarga, teman, partner, pasangan atau sekelompok orang yang berinteraksi dengan merepresentasikan sebuah tempat yang mempunyai cerita dari banyaknya true story seorang pengisi suara sehingga pesannya dapat tersampaikan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Attention, Interest, Desire, dan Action pada penyampaian pesan komunikasi interpersonal @tempatbercakap yang di unggah di media sosial instagram. Penelitian ini menggunakan Teori AIDA oleh Kotler dan Keller yang menyebutkan bahwa ada empat konsep untuk menentukan pesan persuasif yaitu Attention atau perhatian, Interest atau minat, Desire atau keinginan dan Action atau tindakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dengan pendekatan penelitian studi analisis. Paradigma yang digunakan adalah konstruktivisme yang bersifat subjektif. Hasil penelitian membuktikan bahwa @tempatbercakap menyuguhkan konten dalam Attention pada repsesenasi tempat dan juga audio visualnya. Interest pada pesan interpersonal mengacu pada hubungan juga pesan yang ada pada isi konten. Desire yang mengiklankan pesan informatif lewat semua fitur instagram. Dan juga Action followers dengan antusias yang aktif dan pasif saat menikmati konten @tempatbercakap.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Interpersonal; Instagram; Attention; Interest; Desire; Action |
Subjects: | Journalism and Newspapers in Indonesia Communities > Socialist Communities Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Ratu Zakiah Alvina |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 02:10 |
Last Modified: | 12 Jan 2022 02:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/47568 |
Actions (login required)
View Item |