Dewi, Rindani Gyta (2021) Analisis pelaksanaan pembelajaran matematika berbasis integrasi alam di Sekolah Alam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (21kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (46kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (136kB) |
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (262kB) |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (864kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
Abstract
Pada skripsi ini, peneliti membahas mengenai pelaksanaan pembelajaran matematika di Sekolah Alam Bekasi tepatnya pada tingkat Sekolah Menengah (SM) yang setara dengan tingkat SLTP. Penelitian ini mendeskripsikan mengenai sistem pembelajaran matematika di Sekolah Menengah (SM) Sekolah Alam Bekasi dalam konteks: Perencanaan pembelajaran matematika, pelaksanaan pembelajaran matematika, dan penilaian pembelajaran matematika di. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dalam perencanaan pembelajaran matematika di Sekolah Menengah (SM) Sekolah Alam Bekasi, terdapat beberapa persiapan mengajar yang dipersiapkan oleh guru matematika, yaitu berupa lesson plan dan weekly plan. Dari segi perencanaan, guru telah menyiapkan diri menghadapi peserta didik unggulan dengan cukup. Hal ini dapat dilihat dari kesiapan arsip perencanan yang telah dirancang oleh guru. 2) Proses pelaksanaan pembelajaran matematika di Sekolah Menengah (SM) Sekolah Alam Bekasi terlaksana dengan sangat baik. Guru matematika menggunakan pendekatan pembelajaran realistik. Metode yang digunakan yaitu kolaborasi antara metode demonstrasi, metode ceramah dan eksperimen. 3) Evaluasi pembelajaran matematika di Sekolah Menengah (SM) Sekolah Alam Bekasi terlaksana secara baik. Penilaian pembelajaran mencakup tiga ranah, yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik yang dikembangkan melalui bentuk penilaian tes tertulis dan tes lisan, tes praktik keterampilan dan penilaian akhlak siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran; Matematika; Sekolah; Alam |
Subjects: | Elementary Education > Mathematics for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rindani Gyta Dewi |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 01:27 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 01:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/47610 |
Actions (login required)
View Item |