Tandri, Akbar Muzakir (2021) Media pembelajaran interaktif E-Book berbasis Web menggunakan Book Creator pada materi ekosistem untuk meningkatkan kognitif siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (196kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (190kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (200kB) |
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (540kB) |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (921kB) |
|
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) |
|
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) |
|
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
Abstract
Kasus pandemi covid-19 terus mengalami peningkatan maka kegiatan pembelajaran disekolah diberhentikan sementara dan diganti dengan pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh menjadi alternatif yang paling memungkinkan untuk dilakukan guna terlaksananya proses pembelajaran Media pembelajaran yang interaktif bisa menjadi salah satu solusi bagi para siswa dimasa pembelajaran jarak jauh. Belajar menggunakan media juga menambah efektifitas siswa dalam menangkap materi. Terutama dalam penggunaan media audio-visual memiliki keunggulan dibandingkan media audio ataupun media visual, dari segi desain dan kepraktisan penggunaan. dalam penelitian kali ini akan mengembangkan suatu media pembelajaran guna meningkatkan hasil kognitif siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah R&D (Research And Development) dengan model 3-D (Define,Design,Develop). Penelitian dilakukan di Sma Negeri 2 Cibitung dengan jumlah partisipan sebanyak 31 orang. Penelitian ini menggunakan lembar validasi media, lembar keterbacaan siswa, serta lembar kendala siswa untuk mengetahui media yang dikembangkan layak atau tidak untuk digunakan oleh siswa. Karakteristik dari media ini berbentuk buku elektronik dan diakses secara online, di dalam buku elektronik terdapat bahan bacaan, audio, video animasi, serta quiz. Hasil analisis validasi oleh guru sebesar 87,5% serta validasi oleh ahli media sebesar 80% dikategorikan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil kognitif siswa mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekosistem; Hasil kognitif; Kendala siswa; Media Pembelajaran |
Subjects: | Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Tandri Akbar Muzakir |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 01:41 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 01:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/47685 |
Actions (login required)
View Item |