Nurazizah, Nurazizah (2022) Konseling naratif untuk mengembangkan akhlakul karimah pada anak usia 11-12 tahun ; Penelitian di SDN Sakerta Barat Desa Sakerta Barat Kab. Kuningan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (236kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan adalah suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia sebab pendidikan merupakan sarana pembentuk akhlak dan kepribadian. Akhlak merupakan hal yang sangat penting dalam bertingkah laku pada kehidupan sehari-hari. Akhlak yang baik membuat seseorang tidak akan terpengaruh pada hal-hal yang negatif. Pembentukan akhlakul karimah merupakan pendidikan budi pekerti yang tidak hanya berorientasi pada teori pengetahuan (cognitive) saja, tetapi juga melibatkan perasaan (feeling) dan tindakan (action). Konseling Naratif merupakan sebuah bantuan yang diberikan oleh konselor untuk membantu konseli atau siswa dalam membentuk dan mengembangkan akhlakul karimah dalam cerita-cerita diri yang lebih positif dengan mengubah sudut pandang dan persepsi yang lebih baik.sehingga siswa dapat mencontoh perilaku yang ada pada cerita tesebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk bagaimana metode dan media yang digunakan pada Konseling Naratif pada anak usia 11-12 tahun di SDN Sakerta Barat Kab. Kuningan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriftif yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis fakta atau subjek penelitian secara cermat. Sedangkan Langkah-langkah penelitian antara lain, teknik pengumpulan data yang penelitian ini dilakukan dengan cara pengumpulan data, observasi, wawancara dan dokumentasi. telah data terkumpul maka langkah selanjutnya melakukan pengaturan, mengurutkan, mengelompokan, dan mengkategorikannya, sehingga dapat dijadikan sebuah tuntunan mengenai penelitian Metode Konseling Naratif pada anak usia 11-12 tahun di Madrasah Nurul Iman Desa Sakerta Barat Kab. Kuningan Hasil penelitian menunjukan bahwa konseling naratif memiliki implementasi baik dalam mengembangkan dan membentuk akhlakul kharimah pada siswa, hal tersebut terlihat dari hasil pelaksanaan konseling naratif dengan penerapan pembelajaran konseling naratif, pembentukan akhlakul karimah peserta didik meningkat sangat pesat
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling Naratif; Akhlakul Kharimah; Anak |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling Human Physiology > Child Development |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Nurazizah Nurazizah |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 03:33 |
Last Modified: | 12 Jan 2022 03:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/47770 |
Actions (login required)
View Item |