Afifah, Amalia Nurul (2021) Analisis problemtika non-liguistik pada pembelajaran bahasa Arab di MI kelas V. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (348kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (943kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (19kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
Abstract
Belajar bahasa pada dasarnya adalah belajar menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi yang digunakan oleh manusia baik secara lisan maupun tulisan. Dalam proses pembelajaran bahasa Arab, semua siswa akan mengalami berbagai kesulitan (problem) dalam pembelajaran. Problematika pembelajaran merupakan suatu masalah yang menghambat tercapainya suatu tujuan dari pembelajaran. Proses pembelajaran bahasa Arab di MIN 1 Kota Bandung berjalan dengan baik sesuai langkah-langkah pembelajaran yang tertera. Hanya saja sesuai dengan Pasal 19 Standar Nasional Pendidikan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, satuan pendidikan atau guru kurang memperhatikan semua aspek selama pelaksanaan proses pengajaran di kelas. Problematika dan solusinya di MIN 1 Kota Bandung pada mata pelajaran bahasa Arab dai segi non-linguisti yang dialami oleh siswa dalam pembelajaran bahasa Arab kelas V di MIN 1 Kota Bandung. Penelitian ini bertujun untuk mendeskripsikan tentang problematika non-linguistik pada pembelajaran bahasa Arab dan solusinya di MIN 1 Kota Bandung yang ditinjau dari segi non-lingustik serta upaya yang diharapkan dapat dipergunakan untuk mengetahui problematika pembelajaran bahasa Arab dan solusinya dari segi non-linguistik sebagai bahan evaluasi untuk mengatasi problematika bahasa Arab dalam pembelajaran bahsaa Arab. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskritif kualitatif dengan mengambil latar penelitian di kelas V MIN 1 Kota Bandung. Pengumpulan data diperoleh melalui angket, wawancara dan dokumentasi. Setelah itu, data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Dari hasil penelitian yang diperoleh yaitu problemaika pembelajatan bahasa Arab dalam pembelajaran bahasa Arab dari segi non-linguistik meliputi: problem fisiologi, psikologi, yaitu meliputi bakat, minat, kecerdasan dan motivasi. Upaya yang dilakukakn untuk mengatasi problematika tersbut yaitu: upaya yang dilakukan oleh guru adalah dengan cara memotivasi siswa, menambah metode, dan menambah jam pelajaran, serta mempunyai fasillitas yang cukup.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Arab; Problematika pembelajaran bahasa Arab dan Solusinya |
Subjects: | Arabic Education, Research Linguistics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Amalia Nurul Afifah |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 06:41 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 06:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/47846 |
Actions (login required)
View Item |