Ratnawati, Euis (2021) Pengaruh konseling Islami terhadap kepercayaan diri siswa SMPN 1 Setu Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (286kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) | Request a copy |
Abstract
Konseling islami adalah bahwa proses bantuan untuk pemecahan masalah, pengenalan diri, penyesuaian diri, pengarahan diri untuk mencapai realisasi diri sesuai dengan ajaran Islam. Kepercayaan diri merupakan sikap positif seorang individu yang memampukan dirinya untuk penilaian positif baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan/situasi yang dihadapinya. Tidak semua orang memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Banyak siswa yang tidak percaya diri ketika didalam kelas yaitu dalam mengemukakan pendapat, bertanya dan berbicara. Konseling Islam menurut adalah proses pemberian bantuan kepada individu agar menyadari kembali eksistensinya sebagai makhluk Allah yang seharusnya dalam kehidupan keagamaannya senantiasa selaras dengan ketentuan dan petunjuk Allah, sehingga dapat mencapai kehidupan di dunia dan di akhirat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatasi kurangnya percaya diri siswa adalah untuk menghasilakan suatu perubahan, perbaikan dan kesopanan tingkah laku yang dapat memberikan manfaat baik pada dirinya sendiri, lingkungannya dan alam sekitarnya. Kemudian juga untuk menghasilkan rasa emosi pada individu yaitu muncul dan berkembang rasa toleransi, tolong menolong dan rasa kasih saying. Dan untuk menghasilkan kecerdasan spiritual pada dirinya sehingga muncul dan berkembang rasa keinginan untuk berbuat taat kepada tuhannya. Metode penelitian menggunakan pendeatan kuantitatif yang diambil melalui menyebarkan kuisioner yang telah dibuat oleh peneliti, Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang memperoleh data berupa angka atau data kuantitatif yang diubah menjadi angka. Desain penelitian ini menggunakan One-shot case study, Oneshot case study digunakan untuk meneliti pada satu kelompok dengan diberi satu kali perlakuan dan pengukuran juga dilakukan satu kali. Dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 , maka model regresi dipakai untuk memprediksi variabel partisipasi atau dengan kata lain ada pengaruh variabel X terhadap Variabel Y. Maka kesimpulan dari penelitan ini terdapat pengaruh layanan konseling islami terhadap kepercayaan diri siswa. Dan bimbingan konseling islami ini sangat diperlukan oleh siswa agar siswa dapat melatih kepercayaan dirinya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling Islami; Remaja; Kepercayaan diri |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Euis Ratna Wati |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 06:46 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 06:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/47871 |
Actions (login required)
View Item |