Tiyana, Agus (2021) Meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan aktivitas belajar matematika siswa dalam pembelajaran matematika melalui pola latihan berstruktur : Penelitian di SMP Negeri 1 Pangalengan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk memperoleh informasi mengenai proses pembelajaran matematika dengan metode pola latihan berstruktur, (2) untuk memperoleh informasi mengenai peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan aktivitas belajar matematika siswa dalam pembelajaran matematika dengan metode pola latihan berstruktur. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Pangalengan, Tahun Ajaran 2021/2022. Metedologi penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam tiga siklus, dimana dalam setiap siklusnya terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir siklus, lembar observasi dan dokumentasi. Dari hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa (1) gambaran proses pembelajaran matematika dengan metode pola latihan berstruktur ini berjalan dengan baik; (2) pencapaian kemampuan pemahaman konsep dan aktivitas belajar matematika mengalami peningkatan yaitu rata-rata skor pemahaman konsep siswa dari 61,08 pada siklus I menjadi 74,78 pada siklus II dengan kategori cukup dan meningkat kembali menjadi 77,17 pada siklus III dengan kategori baik. Sedangkan hasil dari aktivitas belajar matematika siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I (62,13%) dan siklus II (68,17%) dengan kategori cukup dan menjadi kategori baik pada siklus III (76,43%). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dalam mengimplementasikan metode pembelajaran pola latihan berstruktur dapat meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas belajar matematika siswa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Belajar Matematika; Pemahaman Konsep Matematika; Pola Latihan Berstruktur |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Agus Tiyana |
Date Deposited: | 31 Jan 2022 00:49 |
Last Modified: | 31 Jan 2022 00:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/48501 |
Actions (login required)
View Item |