Delina, Delina (2021) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata : Studi analisis terhadap novel Guru Aini. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (cover)
1_cover.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf Download (141kB) | Preview |
|
Text (bab 2)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) | Request a copy |
||
Text (bab 3)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) | Request a copy |
||
Text (bab 4)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
||
Text (bab 5)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) | Request a copy |
||
Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh redupnya nilai-nilai pendidikan karakter dan banyaknya pelanggaran yang dipicu oleh krisis moral, hal ini disebabkan pengenalan nilai-nilai pendidikan karakter yang kurang efektif dan ketidak mampuan mereka untuk mengendalikan diri. Kemudian penulis melihat salah satu novel karya Andrea Hirata yang didalamnya terdapat nilai-nilai pendidikan karakter. Novel tersebut dapat menjadi sarana untuk mengenalkan nilai-nilai pendidikan karakter kepada masyarakat, karena novel merupakan salah satu karya yang sangat diminati sehingga diharapkan dengan membaca novel karya Andrea Hirata banyak yang menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui uraian singkat novel Guru Aini Karya Andrea Hirata, mengetahui unsur intrinsik yang terdapat pada novel Guru Aini karya Andrea Hirata dan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode analisis konten. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan studi kepustakaan (Library Research). Sumber data primernya yaitu novel Guru Aini karya Andrea Hirata, sedangkan data sekunder berupa buku-buku dan jurnal. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan studi pustaka dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan langkah-langkah Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Novel Guru Aini menceritakan tentang perjalanan hidup seorang gadis cantik yang bernama Desi Istiqomah yang bercita-cita menjadi guru matematika idealis dan mempunyai keberanian dalam mengabdi sebagai guru matematika disebuah pulau terpencil. (2) Novel Guru Aini karya Andrea hirata ini disusun dengan tema tingkat nasional memiliki tiga bagian analisis alur, dua puluh enam tokoh, tiga latar waktu, tiga belas latar tempat. Dan memiliki amanat kerja keras, tolong menolong dan berbakti kepada orang tua. (3) Terdapat tujuh belas karakter yang ada dalam novel Guru Aini Karya Andrea Hirata yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, tanggung jawab
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | nilai pendidikan karakter; novel Guru Aini; Andrea Hirata |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Delina Delina |
Date Deposited: | 04 Feb 2022 08:15 |
Last Modified: | 04 Feb 2022 08:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/48589 |
Actions (login required)
View Item |