Wardani, Riska Ayu (2021) Pengembangan KIT digital berbantu WhatsApp terhadap materi Bioteknologi untuk siswa SMP/MTs. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (340kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (758kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) | Request a copy |
Abstract
Media pembelajaran memegang peranan yang sangat penting untuk menjembatani penyampaian materi agar dapat membangkitkan keinginan, minat dan motivasi peserta didik dalam belajar. Pemilihan media pembelajaran yang tepat menjadi tantangan para guru di masa pandemi COVID-19. Pembelajaran jarak jauh yang dilakukan selama pandemi menyebabkan banyak peserta didik kurang motivasi untuk belajar. Hal tersebut disebabkan oleh keterbatasan penggunaan media pada saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tahapan pengembangan, menganalisis validitas, dan mendeskripsikan respon siswa pada media KIT digital berbantu WhatsApp terhadap materi Bioteknologi. Metode penelitian yang digunakan ialah Research and Development (R&D) dengan model 3D (Define, Design, dan Development). Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IX sebanyak 25 orang. Hasil penelitian berupa deskripsi tahapan pengembangan define, design, dan development. Validasi media KIT digital dari validator media, validator materi, dan guru mata pelajaran IPA sebesar 84,01% dengan kategori layak. Respon peserta didik pada media KIT digital sebesar 78% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil uji validitas dan respon peserta didik dapat disimpulkan bahwa media KIT digital berbantu WhatsApp terhadap materi Bioteknologi dianggap telah layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bioteknologi; KIT Digital;RnD |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Riska Ayu Wardani |
Date Deposited: | 04 Feb 2022 05:39 |
Last Modified: | 04 Feb 2022 05:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/48638 |
Actions (login required)
View Item |