Pratiwi, Reginsyah Insan (2021) Tanggapan siswa terhadap penggunaan aplikasi Google Classroom sebagai media pembelajaran hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti : Penelitian korelasional pada siswa kelas XI SMAN 1 Nagreg Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (435kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (386kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (826kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) | Request a copy |
Abstract
Tanggapan Siswa Terhadap Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Hubungannya dengan Hasil Belajar Kognitif Mereka pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti (Penelitian Korelasional Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Nagreg Kabupaten Bandung). Penelitian ini berdasarkan pada permasalahan yang terjadi di lembaga pendidikan yakni kegiatan pembelajaran yang tidak dapat dilakukan sepenuhnya di beberpa sekolah karena terkena dampak adanya pandemik, salah satunya di SMAN 1 Nagreg sehingga mengharuskan siswa dan guru untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar di rumah. Hal ini tentunya mempengaruhi guru dalam memberikan tugas dan penilaian secara langsung kepada para siswa. Maka dari itu, diperlukannya media pembelajaran yang mampu menunjang guru dan siswa untuk kegiatan pembelajaran secara online agar dapat mengetahui hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) tanggapan siswa kelas XI SMAN 1 Nagreg terhadap penggunan aplikasi google classroom sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran PAI da Budi Pekerti (2) hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti, dan (3) hubungan antara tanggapan siswa kelas XI SMAN 1 Nagreg terhadap penggunaan aplikasi google classroom sebagai media pembelajaran dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini mengacu pada kerangka berpikir bahawa permasalahan yang terjadi dan yang dialami oleh siswa kelas XI SMAN 1 Nagrerg selama belajar menggunakan media aplikasi google classroom dapat diketahui melalui tanggapan yang diberikan yaitu dengan tanggapan yang bersifat positif atau negatif. Adapun untuk mengetahui hasil belajar kognitifnya yaitu melalui beberapa tes yang diberikan dengan menggunakan indikator pengetahuan, pemahaman, penerapan, dan evaluasi. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat korelasi yang signifikan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan aplikasi google classroom sebagai media pembelajaran dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Sampel penelitian berjumlah 38 siswa kelas XI SMAN 1 Nagreg. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes, wawancara, dan studi pustaka. Data dianalisis dengan analisis statistik. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa (1) Tanggapan siswa terhadap penggunaan aplikasi google classroom sebagai media pembelajaran termasuk pada kategori tinggi dengan rata-rata 3,64 yang berada pada interval 3,40 - 4,19 (2) Hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti termasuk pada kategori cukup dengan hasil 65,02 yang berada pada interval 60 – 69 (3) Hubungan antara kedua variabel tersebut adalah (a) koefisien korelasi berada pada kategori rendah dengan nilai sebesar 0,38 yang termasuk dalam interval 0,200 – 0,399 (b) hipotesisnya diterima berdasarkan thiung (2,51) > ttabel (2,03) dan (c) pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 14% sedangkan faktor lain yang mempengaruhi sebesar 86%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Google Classroom; SMAN 1 Nagreg; Hasil belajar kognitif; |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Reginsyah Insan Pratiwi |
Date Deposited: | 11 Feb 2022 06:06 |
Last Modified: | 11 Feb 2022 06:06 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/48761 |
Actions (login required)
View Item |