Kusumawati, Ira (2021) Bimbingan Agama Islam untuk meningkatkan konsep diri positif pada remaja: Penelitian terhadap Remaja Hikmat Jalan Pagarsih Gang H. Satibi No.69 Blok 80 RT 03 RW 06 Kelurahan Jamika Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (457kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (553kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (751kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) | Request a copy |
Abstract
Remaja ialah masa peralihan dari masa anak-anak, pada dasarnya remaja memiliki karakteristik yang cenderung labil, emosi yang mudah berubah, dan mudah terpengaruhi oleh lingkungan sekitarnya. Namun remaja yang bisa mengontrol tingkah lakunya dengan baik sesuai dengan norma-norma yang berlaku, dapat terhindar dari hal-hal yang negatif. Remaja membutuhkan konsep diri yang positif sebagai pondasinya agar tidak mudah terpengaruh oleh hal-hal negatif di sekitarnya, dan tetap menjadi remaja yang berperilaku baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program-program, proses, dan hasil dari pelaksanaan bimbingan agama Islam untuk meningkatkan konsep diri positif pada remaja. Penelitian ini bertolak dari teori bahwa bimbingan agama Islam pada remaja bertujuan agar remaja memiliki kepribadian yang Islami (Lena, 2019: 21). Dengan berbagai prinsip Islami yang kuat, karakter moral yang baik, remaja memiliki sarana dalam menghadapi tuntutan hidup dengan cara yang matang serta bertanggung jawab. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu untuk memberikan gambaran secara sistematis, aktual, faktual mengenai bimbingan agama Islam untuk meningkatkan konsep diri positif pada remaja Hikmat. Adapun teknik pengambilan data dilakukam dengan cara observasi langsung, wawancara dengan pihak-pihak yang bersangkutan seperti pembimbing dan remaja Hikmat, serta dengan menggunakan dokumentasi seperti data historik berupa tulisan, gambar, dan sebagainya yang dapat mendukung penelitian. Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan menunjukan bahwa setiap remaja Hikmat yang mengikuti kegiatan bimbingan agama Islam tersebut mendapatkan hasil yang beragam, namun mayoritas menunjukan pada hasil yang positif. Dengan demikian dapat diketahui bahwa bimbingan agama Islam yang dilaksanakan tersebut dapat membantu para remaja Hikmat dalam meningkatkan konsep diri positif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Agama Islam; Konsep Diri Positif; Remaja |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Ira Kusumawati |
Date Deposited: | 25 Feb 2022 03:42 |
Last Modified: | 25 Feb 2022 03:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/49013 |
Actions (login required)
View Item |