Aprilliani, Shella Cyntia (2020) Pengembangan ICIMOPS (Innovation of Circular Motion Props) sebagai media pembelajaran pada materi gerak melingkar untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (857kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (858kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (857kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (939kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Media pembelajaran merupakan alat bantu dalam aktivitas kegiatan pembelajaran yang memiliki pengaruh penting dalam peningkatan pengetahuan pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dari pengembangan media pembelajaran pada materi Gerak Melingkar, pengaruh media pembelajaran ICIMOPS terhadap peningkatan pemahaman konsep peserta didik dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran ICIMOPS. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) model ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation). Populasi yang dipakai dalam penelitian ini adalah lima (5) peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Islam Cipasung, yang dipilih dengan teknik random sampling. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu hasil uji validasi ahli oleh tiga (3) validator yang memberikan nilai 96,3%, 86,7% dan 88,3%. Hasil peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada sub materi Gerak Melingkar menunjukkan kategori sedang dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,69. Hasil angket responsi peserta didik menunjukkan presentase 91,27% yang termasuk ke dalam kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ICIMOPS layak digunakan dalam pembelajaran sub materi Gerak Melingkar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran; Gerak Melingkar; Pemahaman Konsep; ADDIE |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Shella Cyntia Aprilliani |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 07:39 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 07:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/49158 |
Actions (login required)
View Item |