Penerapan metode Everyone Is A Teacher Here untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Memahami Akidah Islam: Penelitian tindakan kelas Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Baitul arqom Al-Islami

Fajar, Riswanda Ibnu (2021) Penerapan metode Everyone Is A Teacher Here untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Memahami Akidah Islam: Penelitian tindakan kelas Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Baitul arqom Al-Islami. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (812kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil dari studi pendahuluan dilapangan penelitian tepatnya di Kelas X IPA, hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak mempunyai nilai rata-rata 65 dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang seharusnya 75. Mengingat pentingnya materi akidah akhlak yang telah dibahas menjadi tambahan sebab masalah hasil belajar harus segera diperbaiki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi: 1) Proses penerapan metode everyone is a teacher here untuk meningkatkan hasil belajar Kelas X mata pelajaran akidah akhlak materi memahami akidah Islam, dan 2) Peningkatan hasil belajar siswa Kelas X mata pelajaran akidah akhlak materi memahami akidah Islam setelah menerapkan metode everyone is a teacher here. Metode everyone is a teacher here merupakan metode yang memberikan kesempatan pada setiap peserta didik untuk bertindak sebagai seorang pengajar terhadap peserta didik lain. Metode ini merupakan salah satu strategi aktifasi dalam proses belajar pembelajaran aktif. Melalui penerapan metode everyone is a teacher here ini peserta didik yang selama ini tidak termotivasi dan tidak mau terlibat aktif dalam pembelajaran akan ikut serta dalam pembelajaran secara tidak langsung. Sehingga metode everyone is a teacher here ini sangat tepat untuk mendapatkan partisipasi kelas secara keseluruhan dan secara individual. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan instrumen penilaian. Sedangkan Analisis data meliputi beberapa langkah yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun umber data primer dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) proses penerapan metode pembelajaran everyone is a teacher here di Kelas X MA Baitul Arqom pada setiap siklusnya diawali dengan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi pada setiap siklusnya dilaksanakan dengan baik. Dengan penerapan metode everyone is a teacher here yaitu : a) guru membagikan kartu indeks kepada siswa, b) para siswa menulis sebuah pertanyaan tentang materi pelajaran, c) siswa untuk mengumpulkan kartu pertanyaan dan kemudian dibagikan kembali kepada siswa, d) siswa menganalisa pertanyaan dan memikirkan jawabannya, e) memanggil satu per satu siswa untuk menjawab pertanyaan, f) meminta siswa lain untuk menambah jawaban dan g) mengarahkan pelaksanaan metode every one is a teacher here agar sesuai dengan tujuan pembelajaran, dan 2) peningkatan hasil belajar siswa dalam belajar mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Rata-rata pencapaian hasil belajar pada siklus I pertemuan I sebesar 70 (kurang) dengan ketuntasan pembelajaran 75% dan pertemuan II sebesar 80 (baik) dengan ketuntasan pembelajaran 87% sedangkan pada siklus II pertemuan I sebesar 85 (baik) dengan ketuntasan pembelajaran 81% dan pertemuan II sebesar 90 (sangat baik) dengan ketuntasan pembelajaran 87%. Jadi, rata-rata peningkatan hasil belajar siswa secara keseluruhan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 9.51%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Everyone Is A Teacher Here; Hasil Belajar Siswa
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Riswanda Ibnu Fajar
Date Deposited: 05 Apr 2022 06:45
Last Modified: 05 Apr 2022 06:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/49204

Actions (login required)

View Item View Item