Manajemen pengkaderan organisasi Ikatan Pelajar Putri dalam membangun kepemimpinan: Studi deskriptif di Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Jawa Barat

Hilmiyah, Saidatul (2019) Manajemen pengkaderan organisasi Ikatan Pelajar Putri dalam membangun kepemimpinan: Studi deskriptif di Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (551kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy

Abstract

Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) sebagai salah satu Banom dari ormas besar Islam Nahdlatul Ulama memiliki misi untuk membangun kader NU yang berkualitas, berakhlakul karimah, bersikap demokratis dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, organisasi ini harus memiliki manajemen pengkaderan yang jelas agar dapat mencapai misi organisasi. PW IPPNU Jabar sebagai salah satu cabang kepengurusan IPPNU di tingkat Provinsi telah mampu memperluas serta mengorganisir kegiatan pengkaderannya dan mampu mencetak kader-kader pemimpin yang sesuai dengan yang diharapkan, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana manajemen pengkaderan yang dilakukan oleh PW IPPNU Jabar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan hasil manajemen pengkaderan yang dilakukan oleh organisasi PW IPPNU Jabar dalam mencetak kader-kader pemimpin yang sesuai dengan misi organisasi. Landasan teori yang digunakan 4 fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi, namun yang difokuskan oleh peneliti hanya pada perencanaan dan pelaksanaan. Juga teori mengenai proses pengkaderan yang terdiri dari tahap rekrutmen, pendidikan kader, dan perawatan kader. Metode yang digunakan penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif, dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data skunder. Dari berbagai data yang diperoleh, hasil penelitian tentang manajemen pengkaderan organisasi ikatan pelajar putri di PW IPPNU Jabar: pertama, perencanaan pengkaderan terdiri dari: penentuan kaderisasi mulai dari tujuan, sistem, pendekatan, materi, metode, standarisasi, dan perencanaan evaluasi. Kedua, pelaksanaan pengkaderan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan yang terdiri dari 3 tahap, yaitu: pra pelatihan, proses pelatihan, dan pasca pelatihan. Ketiga, hasil pengkaderan yang dilakukan oleh PW IPPNU Jabar efektif pasif. Jadi, kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini bahwa, manajemen pengkaderan yang dilakukan oleh PW IPPNU Jabar dikatakan berhasil karena telah mampu mencetak kader-kader pemimpin milenial yang profesional, militant, dan berakhlakul karimah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pengkaderan; Organisasi; Kepemimpinan
Subjects: General Management
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Saidatul Hilmiyah
Date Deposited: 10 Mar 2022 03:25
Last Modified: 10 Mar 2022 03:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/49551

Actions (login required)

View Item View Item