Anugrah, Herawati (2022) Pengaruh penggunaan bahan ajar multirepresentasi untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika peserta didik pada materi termodinamika. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (147kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) | Request a copy |
Abstract
Wabah virus Covid-19 yang melanda Indonesia pada tahun 2020 mengakibatkan semua tingkat sekolah baik SD, SMP, SMA, maupun perguruan tinggi diharuskan pembelajaran secara daring, dalam kegiatan pembelajaran daring dibutuhkan media pembelajaran yang mampu mendukung dalam kegiatan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kelayakan dari bahan ajar multirepresentasi pada materi termodinamika, 2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan bahan ajar multirepresentasi dan buku paket fisika dan 3) peningkatan penguasaan konsep fisika peserta didik setelah melakukan pembelajaran menggunakan bahan ajar multirepresentasi dan buku paket fisika. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan menggunakan desain ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementtion, Evaluation). Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh pada penelitian menunjukkan bahwa 1) bahan ajar multirepresentasi layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi termodinamika dengan rata-rata nilai validitas 86 dengan kategoi sangat tinggi, 2) rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran kelas eksperimen termasuk efektif dan kelas kontrol termasuk kurang efektif, 3) peningkatan penguasaan konsep dilihat dari rata-rata N-gain pada kelas eksperimen yaitu 0,64 dengan kategori sedang dan kelas kontrol 0,40 dengan kategori sedang. Hasil dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar multirepresentasi layak digunakan sebagai media pembelajaran dan mampu meningkatkan penguasaan konsep fisika peserta didik pada materi termodinamika.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multirepresentasi; Penguasaan Konsep; Termodinamika |
Subjects: | Physics > Data Processing and Analysis of Physics Education and Research of Literatures |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Herawati Anugrah |
Date Deposited: | 31 Mar 2022 04:53 |
Last Modified: | 31 Mar 2022 04:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/50012 |
Actions (login required)
View Item |