Ayudia, Pratiwi (2022) Bimbingan keluarga untuk mengurangi dampak penggunaan Gadget pada perkembangan sosial anak di lingkungan SDN 01 Cibatu. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_ bab 1.pdf Download (177kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_ bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_ bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_ bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) | Request a copy |
Abstract
Anak merupakan salah satu amanat yang dititipkan oleh Allah SWT kepada setiap umat-Nya, anak-anak yang masih berada diusia 3-6 tahun merupakan sosok individu yang masih berada dalam proses perkembangannya. Perkembangan anak merupakan suatu proses perubahan dimana anak akan belajar menguasai tingkatan yang lebih tinggi dari aspek gerakan, berpikir, perasaan, dan interaksi baik dengan sesama maupun dengan benda-benda dalam lingkungan hidupnya. Perkembangan tersebut tentunya tidak terlepas dari didikan orang tua yang bertanggung jawab atas pendidikan anak dengan memberikan bimbingan dan latihan terhadap anak. Gadget yang semakin hari semakin berkembang sudah menjadi kebutuhan utama bagi manusia baik dari anak-anak maupun orang dewasa. Gadget tidak hanya sebagai alat untuk berkomunikasi namun gadget juga dapat mempermudah manusia dalam melakukan aktivitas-aktivitas lainnya. Namun penggunaan gadget yang berlebih dapat memberikan pengaruh serta dampak buruk yang mempengaruhi perkembangan sosial anak karna intensitas pemakaian yang dilakukan secara berlebihan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak positif dan negatif dari penggunaan gadget pada perkembangan sosial anak di SDN 01 Cibatu melalui proses bimbingan keluarga. penelitian ini berlandaskan teori Prayitno & Amti mengatakan bahwa bimbingan keluarga didefinisikan sebagai upaya bantuan yang diberikan kepada individu anggota keluarga melalui sistem keluarga (pembenahan komunikasi keluarga) agar potensinya berkembang seoptimal mungkin dan masalahnya dapat diatasi atas dasar kemauan membantu anggota keluarga berdasarkan kerelaan dan kecintaan terhadap keluarga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam kegiatan bimbingan keluarga untuk mengurangi dampak penggunaan gadget pada perkembangan sosial anak di SDN 01 Cibatu mempunyai dampak positif seperti bertambahnya pengetahuan dan wawasan baru, mempermudah komunikasi, mendapat teman baru, dan munculnya metode-metode pembelajaran baru yang lebih mudah dipahami oleh anak-anak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Keluarga;Dampak Penggunaan Gadget;Perkembangan Sosial Anak |
Subjects: | Differential and Developmental Psychology > Character Development Applied Psychology > Interpersonal Relations with Family Members Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling Human Physiology > Child Development |
Depositing User: | Pratiwi Ayudia Roehendi |
Date Deposited: | 01 Apr 2022 08:14 |
Last Modified: | 01 Apr 2022 08:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/50053 |
Actions (login required)
View Item |