Pebriani, Fitria (2016) Model tayangan tabligh inovatif: Studi kasus pada acara Berita Islami Masa Kini TRANS TV. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (471kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
Abstract
Media televisi dengan berbagai kelebihan dan kekuatannya seharusnya bisa menjadi media Tabligh yang efektif jika dikelola dan dipergunakan secara profesional. Karena dakwah melalui media televisi memiliki relevansi sosiologis dengan masyarakat, mengingat pemirsa televisi di Indonesia mayoritas beragama Islam. Secara ekonomis, dakwah melalui media televisi sebenarnya juga mempunyai pangsa pasar yang potensial jika digarap secara profesional pula. Unsur terpenting dalam pengemasan sebuah tayangan tabligh di Televisi yaitu adanya unsur inovasi. Dimana tayangan Tabligh harus terus berevolusi mengikuti zaman. Konsep acara bermuatan isi pesan dakwah harus di kemas secara Relevan dengan kehidupan sosial masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Penerapan Model Tayangan Tabligh Pada Program Berita Islami Masa Kini Trans TV, konsep materi Tabligh seperti apa yang dihadirkan pada program acara berita islami masa kini Trans TV dan Untuk Mengetahui Strategi Tim Produksi Berita Islami Masa Kini dalam Memproduksi Tayangan Tabligh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan dengan menempuh langkah-langkah pengumpulan data kemudian mengorganisasikan, serta menganalisis data tentang kasus- kasus tertentu berkenaan dengan permasalahan-permasalahan yang menjadi perhatian peneliti untuk kemudian data tersebut dibandingkan satu dengan yang lain. Model adalah rencana refesentasi atau deskripsi yang dapat menjelaskan suatu objek, sistem, atau suatu konsep. model ini dapat berupa model citra (contohnya: gambar rancangan, citra computer), rumusan matematis, maupun model fisik, seperti prototipe, market, dan sebagainya. Hasil penelitian menunjukan bahwa model tayangan tabligh pada Program Berita Islami masa kini merupakan model tayangan dengan Format Spot News, program acara ini memberikan format berita yang berbeda. Setiap segment itu memiliki beragam tema yang di kemas dengan VT dan materi yang berisi pesan dakwah menjadi lebih menarik. di dukung oleh video-video yang bersumber dari sosial media youtube yang membuat lengkap untuk sebuah pengaplikasikan pesan dakwah menjadi audio visual yang menarik. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa program berita islami masa kini mampu menghadirkan tayangan tabligh berbeda dari yang lainnya. dengan strategi pengemasan dan konsep materi tabligh yang dibuat menarik, ringan dan muatan pesan dakwah bershifat universal, sehingga diharapkan bisa di terima oleh semua umat beragama. Namun di tayangan ini masih banyak kekurangan. Dalam pengemasan materi untuk sebuah tayangan televisi di harapkan memperhatikan tema-tema yang tidak bertentangan dengan sosial di masyarakat. Agar tidak adanya pertentangan di kalangan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tabligh Inovatif; Berita Islami; TRANS TV |
Subjects: | Islam > Da'wah Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Sopia Respiawati |
Date Deposited: | 12 Dec 2017 06:30 |
Last Modified: | 31 Jan 2022 07:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/5011 |
Actions (login required)
View Item |