Dakwah dan media massa: Perspektif Sosiologi dan budaya populer

Effendi, Dudy Imanuddin and Ridwan, Aang (2019) Dakwah dan media massa: Perspektif Sosiologi dan budaya populer. Yayasan Lidzikri, Bandung, pp. 1-312. ISBN 978-602-53958-1-9

[img]
Preview
Text (EBOOK)
Dakwah dan Media Massa Edisi Revisi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik dakwah yang terdapat di media massa, terkhusus televisi sebagai salah satu agen kultural, dalam bentuk program-program acara atau siaran bermuatan syiar Islam. Apa yang ditampilkan dalam acara-acara tersebut menunjukkan bahwa praktik dakwah ketika berada di tangan media mengalami proses transformasi yang luar biasa dari nilai-nilai prinsipil dakwah yang seharusnya. Persoalan ini umumnya disebabkan oleh adanya tuntutan bisnis dari program acara televisi sebagai salah satu produk media. Praktik dakwah pada akhirnya tidak terlepas dari upaya modifikasi dan komersialisasi media yang berhubungan juga dengan pihak-pihak lain yang berkepentingan dari acara tersebut. Dalam konteks inilah, peneliti kemudian mencoba memahami dan menganalisis bagaimana relasi antara praktik dakwah, terutama dalam bentuk penyiaran Islam di media televisi, dengan kehadiran budaya populer di masyarakat.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: dakwah; media massa; sosiologi; budaya populer
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Dudy Imanuddin Effendi
Date Deposited: 18 Apr 2022 01:37
Last Modified: 18 Apr 2022 01:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/50362

Actions (login required)

View Item View Item