Ayuningtyas, Della Restu (2022) Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran ICARE dengan bantuan aplikasi Canva : Penelitian tindakan kelas di SMP Negeri 31 Bandung. Post-Doctoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (926kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (722kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika, namun pada kenyataannya siswa masih kurang memiliki kemampuan tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pembelajaran, peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, serta sikap siswa terhadap penggunaan model pembelajaran ICARE berbantu aplikasi Canva. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMP di kota Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, lembar observasi dan angket skala sikap. Hasil analisis data menunjukkan bahwa proses pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran ICARE berbantu aplikasi canva terlaksana dengan baik, berdasarkan nilai rata-rata persentase aktivitas guru yang mengalami peningkatan dari kategori baik pada siklus I dan II menjadi sangat baik pada siklus III. Sedangkan aktivitas siswa dari kategori cukup baik pada siklus I menjadi baik pada siklus II dan III; kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran ICARE berbantu aplikasi canva mengalami peningkatan dari kategori cukup pada siklus I menjadi baik pada siklus II dan III; siswa menunjukkan sikap yang baik terhadap penggunaan model pembelajaran ICARE berbantu aplikasi Canva. Oleh karena itu, model pembelajaran ICARE dengan bantuan aplikasi Canva dapat digunakan pada pembelajaran matematika dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matrematis siswa.
Item Type: | Thesis (Post-Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran ICARE; Aplikasi Canva; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis |
Subjects: | Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Della Restu Ayuningtyas |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 01:49 |
Last Modified: | 22 Apr 2022 01:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/50436 |
Actions (login required)
View Item |