Rustamadi, Tri Pranowo (2022) Pengembangan media E-Learning berbasis Blog pada materi sistem reproduksi manusia untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (cover)
1_cover.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf Download (205kB) | Preview |
|
Text (bab 2)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) | Request a copy |
||
Text (bab 3)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) | Request a copy |
||
Text (bab 4)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
Text (bab 5)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) | Request a copy |
||
Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi berupa gadget serta pentingnya mata pelajaran biologi banyak mengandung konsep-konsep yang bersifat abstrak pada materi sistem reproduksi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas pengembangan media e-learning berbasis blog pada materi sistem reproduksi manusia. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D dengan model 3D. Penelitian ini, dilaksanakan di salah satu MA Swasta Kota Bandung pada peserta didik kelas XI IPA yang berjumlah 24 orang siswa. Hasil kelayakan pengembangan media e-learning berbasis blog pada materi sistem reproduksi manusia yang dilakukan oleh ketiga validator dengan nilai rata-rata 79% dengan kiteria layak. Sedangkan hasil uji keterbacaan dan respon peserta didik pada uji skla kecil diperoleh dengan rata-rata 87,5% dengan kiteria sangat baik. Langkah-langkah dalam pengembangan R&D Define yaitu meliputi studi pendahuluan dan studi literatur, design meliputi menetapkan layout dan tema blog, menetapkan tujuan belajar, merancang perangkat pembelajaran, merancang materi yang akan dituangkan kedalam blog dan development meliputi pengembangan produk yang sudah ada dan validasi produk. Hasil respon peserta didik pada pembelajaran materi sistem reproduksi manusia menggunakan media e-learning berbasis blog memperoleh 74% dengan kiteria kategori baik. Selain itu, respon peserta didik dapat dilihat juga pada hasil belajar yang memenuhi ketuntasan sebesar 62%. Hasil peningkatan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran materi sistem reproduksi manusia menggunakan media e-learning berbasis blog mengalami peningkatan sebesar 39,61%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan; Media E-Learning; Berbasis Blog; Sistem Reproduksi Manusia; Motivasi Belajar Peserta Didik |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Tri Pranowo Rustamadi |
Date Deposited: | 17 May 2022 01:28 |
Last Modified: | 17 May 2022 01:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/51130 |
Actions (login required)
View Item |