Faridah, Fujianti (2017) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Perilaku Kepemimpinan Peserta Didik: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Majalengka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_caver.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (722kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (952kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya krisis moral yang terjadi pada kalangan remaja saat ini. Padahal sejatinya remaja atau peserta didik harus dipersiapkan untuk menjadi pemimpin di masa depan. Dalam sebuah buku di jelaskan bahwa kemajuan suatu negara di kemudian hari akan ditentukan oleh kaum muda nya yang mampu mengembangkan diri dalam bidang keilmuan dan kepemimpinan. Oleh karena itu, kepemimpinan hendaknya ditanamkan sejak dini dalam diri individu dan didukung oleh lingkungan sekitar seperti keluarga, sekolah, maupun teman bermain. Sekolah merupakan tempat individu menimba ilmu baik dalam hal pengetahuan maupun mengembangkan keperibadian, salah satunya mengembangkan perilaku kepemimpinan. Guru BK Madrasah Aliyah Negeri 1 Majalengka melatih perilaku kepemimpinan peserta didiknya dalam berbagai kegiatan intrakulikuler dan ekstrakulikuler dengan menggunakan salah satu layanan bimbingan konseling yaitu layanan bimbingan kelompok. Layanan bimbingan kelompok dinilai lebih efektif dari layanan bimbingan konseling lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap perilaku kepemimpinan peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Majalengka dan mengetahui seberapa besar pengaruhnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan metode slovin. Sehingga berdasarkan kriteria tertentu, sampel yang digunakan adalah pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) sebanyak 45 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket skala likert. Hasil pengolahan data di dapatkan tabel coefisient yang diketahui nilai signifikan sebesar 0,000. Setelah melakukan analisis sesuai dengan hipotesis yang ada bahwa Pvalue ≤ α (0,000 ≤ 0,05 = H0 ditolak) artinya terdapat pengaruh positif antara layanan bimbingan kelompok terhadap perilaku kepemimpinan peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Majalengka. Sedangkan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap perilaku kepemimpinan dengan membaca tabel model summary. Tabel summary yang di dapatkan menjelaskan besarnya nilai korelasi atau hubungan yaitu sebesar R= 0,670 dan dijelaskan besarnya presentase pengaruh variable bebas terhadap variable terikat yang disebut koefisiendeterminasi yang merupakan hasil dari penguadratan R, dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,448 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap perilaku kepemimpinan adalah sebesar 44,8% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variable lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Education > Sociology of Education Education, Research |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Zulfa Sofyani Putri |
Date Deposited: | 09 Jan 2018 04:52 |
Last Modified: | 09 Jan 2018 04:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/5143 |
Actions (login required)
View Item |