Rukmini, Neng Vivie Nurfauziah (2022) Strategi Marketing politik dalam media sosial instagram : Studi kasus akun instagram @jokowi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (130kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (747kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
Abstract
Media sosial telah menjadi kebutuhan masyarakat untuk berkomunikasi dan mendapatkan informasi dalam ranah sosial, ekonomi, ataupun politik. Instagram adalah salah satu media sosial yang cukup populer, bukan hanya digunakan oleh masyarakat umum, tapi juga oleh para politisi. Populernya instagram ini dijadikan sarana untuk berkampanye politik ataupun mempertahankan kekuasaan. Bagi Presiden Joko Widodo misalnya, akun instagram @jokowi cenderung dijadikan ruang-ruang investasi politik untuk mempertahankan kepercayaan publik melalui pesan-pesan politik atau informasi-informasi yang disampaikan. Penelitian ini menggunakan landasan teori strategi marketing politik dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi marketing politik yang digunakan Presiden Joko Widodo melalui instagram @jokowi, cenderung lebih mengemuka dalam isu Ibu Kota Negara (IKN) sebagai pendorong keberhasilan program kerja Presiden Joko Widodo dengan pendekatan Push Marketing; isu Pandemi yang sampai sekarang masih merajalela dan belum berhenti memberikan kebijakan-kebijakan untuk memutus mata rantai Covid-19 sebagai pendekatan Pull Marketing; dan dalam isu MotoGP Mandalika sebagai pendekatan Pass Marketing melalui apresiasi-apresiasi yang disampaikan kepada para tokoh atau sosok pemenang MotorGP yang menimbulkan banyak perhatian dari masyarakat luas, tidak hanya di Indonesia, namun juga dunia internasional.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instagram @jokowi; Media Sosial; Strategi Marketing Politik; Pesan Politik; |
Subjects: | Political Process Political Process > Practical Politics Political Process > Political Campaigns |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik |
Depositing User: | Neng Vivie NF Rukmini |
Date Deposited: | 25 May 2022 07:42 |
Last Modified: | 25 May 2022 07:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/51519 |
Actions (login required)
View Item |