Hakiah, Nuralimat (2022) Penerapan flipped classroom pada materi koloid untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (232kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, menganalisis kinerja siswa pada setiap tahapan pembelajaran dengan menerapkan flipped classroom melalui pendekatan saintifik dan menganalisis kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa setelah pembelajaran dengan menerapkan flipped classroom. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan tipe one-group pretest posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2 MA Negeri 3 Garut dengan jumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan berupa deskripsi pembelajaran, lembar observasi, lembar kerja siswa (LKS), serta perangkat tes untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Data diperoleh dari hasil observasi pada kegiatan pembelajaran dan pemberian skor pada soal pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukan aktivitas siswa secara keseluruhan mencapai 92% dengan interpretasi sangat baik. Nilai rata-rata kinerja siswa pada semua tahapan pembelajaran dengan menerapkan flipped classroom melalui pendekatan saintifik yaitu 92.5 dengan interpretasi sangat baik. Nilai rata-rata tertinggi yang dicapai yaitu pada tahap mengamati dan mengumpulkan data dengan nilai 100 dan interpretasi sangat baik. Nilai rata-rata terendah pada tahap menanya yaitu 77 dengan interpretasi baik. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa setelah pembelajaran flipped classroom melalui pendekatan saintifik mengalami peningkatan dengan nilai N-Gain sebesar 0.73 yang termasuk ke dalam kategori tinggi. Kelompok prestasi tinggi, sedang dan rendah berturut-turut memperoleh nilai N-Gain 0.73; 0.72; dan 0.75 yang termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian penerapan flipped classroom pada materi koloid dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan pembelajaran bermakna yang ditunjukkan dengan rata-rata daya retensi siswa pada perangkat tes kemampuan berpikir tinggi yaitu 96 yang termasuk ke dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | flipped classroom;koloid;kemampuan berpikir tingkat tinggi |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Nuralimat Hakiah |
Date Deposited: | 27 May 2022 12:27 |
Last Modified: | 27 May 2022 12:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/51544 |
Actions (login required)
View Item |