Salsabila, Syifa Ayugea (2022) Pengembangan E-Module pada Materi karbohidrat berorientasi Literasi Kimia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_Cover.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
2_Abstrak.docx.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
3_Daftar Isi.docx.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
4_Bab I.pdf Download (503kB) | Preview |
|
Text
5_Bab II.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) | Request a copy |
||
Text
6_Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) | Request a copy |
||
Text
7_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
8_Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
||
Text
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya membuat suatu media pembelajaran berupa e-module yang berorientasikan literasi kimia pada materi penggolongan karbohidrat . Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian dan pengembangan dengan model tahapan ADDIE. Tujuan dari penelitian ini diantaranya ialah untuk mendeskripsikan tampilan media pembelajaran e-module, menganalisis hasil uji validasi media pembelajaran e-module, dan menganalisis hasil uji coba terbatas media pembelajaran e-module. Tampilan media pembelajaran e-module menyajikan materi mengenai karbohidrat yang berorientasikan literasi kimia. Literasi kimia terdiri atas empat aspek, diantaranya ialah aspek konteks kimia, konsep kimia, proses sains dan sikap sains . E-module menyajikan materi yang dilengkapi dengan gambar, video animasi, video uji karbohidrat yang dikemas dalam enam menu utama yaitu menu materi, menu latihan soal, menu sumber, menu petunjuk penggunaan, menu tujuan pembelajaran dan menu profil penyusun. Hasil analisis uji validasi dilakukan oleh para ahli diantaranya ahli materi, ahli pendidikan dan ahli media dan menunjukan nilai rata-rata rhitung sebesar 0,945 melebihi nilai rkritis yaitu 0,3 maka e-module ini dinyatakan valid sehingga dapat dilanjutkan ke tahap uji coba terbatas. Hasil analisis uji coba terbatas menunjukan nilai rata-rata presentase kelayakan sebesar 98,9% yang diamati dari aspek materi, aspek bahasa dan aspek tampilan e-module sehingga dapat dinyatakan bahwa e-module yang dibuat layak dijadikan sebagai media pembelajaran kimia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-module; karbohidrat; literasi kimia |
Subjects: | Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Syifa Ayugea Salsabila |
Date Deposited: | 27 May 2022 05:39 |
Last Modified: | 27 May 2022 05:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/51601 |
Actions (login required)
View Item |