Fauzi, Insan (2021) Hubungan kebosanan (boredom) dengan stres akademik pada mahasiswa yang menjalani perkuliahan daring di masa pandemi COVID-19. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2 _abstrak.pdf Download (591kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (494kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (720kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (669kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (738kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) | Request a copy |
Abstract
Pandemi virus COVID-19 yang menyebar ke seluruh dunia ini mengakibatkan terjadinya keterbatasan aktivitas manusia pada segala sektor kehidupan, begitupun perguruan tinggi yang dilema karena sistem pembelajaran harus berubah dari yang semula konvensional menjadi pembelajaran jarak jauh atau perkuliahan daring. Dari survey terhadap 35 mahasiswa yang menjalani perkuliahan daring menunjukan bahwa terdapat beberapa hal yang dirasakan akibat dari perkuliahan daring. Kondisi yang paling banyak dinyatakan oleh responden adalah bosan karena situasi yang monoton dan merasa stres secara akademik karena beban tugas yang lebih sulit. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya hubungan Kebosanan (Boredom) dengan Stres Akademik. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan sampel penelitian yaitu mahasiswa aktif yang masih mengontrak kuliah berjumlah 300 orang berusia 18 – 25 tahun dan menjalani perkuliahan daring. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Snowball Sampling. Pengambilan data yang dilakukan dengan pengisian kuesioner online hasil adaptasi dari alat ukur General Boredom untuk mengukur kebosanan dan ESSA (Educational Stress Scale for Adolescents) untuk mengukur stres akademik mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi (P_value) = .000 lebih kecil dari nilai alpha (α) = 0.05, dengan koefisien korelasi 0.375 dalam arti lain terdapat hubungan positif antara Kebosanan (Boredom) dengan Stres Akademik di mana H_o ditolak dan H_1 diterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kebosanan; stress; perkuliahan; akademik |
Subjects: | Psychology Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Insan Fauzi |
Date Deposited: | 27 May 2022 07:26 |
Last Modified: | 27 May 2022 07:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/51602 |
Actions (login required)
View Item |