Furqon, Alya Azzahra (2022) Motivasi belajar siswa pada penerapan model pembelajaran Blended Learning pengaruhnya terhadap aktivitas belajar mereka pada mata pelajaran Fiqih materi hukum Syara' dan pembagiannya: Penelitian di kelas XII MAN Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (518kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (524kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan, bahwa penerapan model pembelajaran blended learning pada mata pelajaran fiqih materi hukum syara’ dan pembagiannya pada siswa kelas XII MAN Purwakarta sudah terlaksana. Berdasarkan pengamatan, masih terlihat banyak siswa yang hadir dalam pembelajaran online hanya sekedar untuk mengisi daftar kehadiran serta banyak siswa yang tidak tepat waktu dalam pengumpulan tugas yang guru berikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Motivasi belajar siswa pada penerapan model pembelajaran blended learning di kelas XII MAN Purwakarta. 2) Aktivitas belajar mereka pada mata pelajaran fiqih materi hukum syara’ dan pembagiannya di masa covid-19 di kelas XII MAN Purwakarta. 3) Pengaruh motivasi belajar siswa pada penerapan model pembelajaran blended learning terhadap aktivitas belajar mereka pada mata pelajaran fiqih materi hukum syara’ dan pembagiannya di masa Covid-19 di kelas XII MAN Purwakarta. Aktivitas belajar siswa dipengaruhi oleh motivasi sebagai dorongan dari dalam diri mereka. Oleh sebab itu peneliti mengacu pada pemikiran bahwa motivasi belajar siswa menyebabkan terjadinya aktivitas belajar. Langkah-langkah penelitian ini meliputi: 1) Pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif kolerasional. 2) Sumber penelitian adalah siswa kelas XII MAN Purwakarta dengan populasi 322 siswa diambil sampel 64 siswa. 3) Tempat dan waktu penelitian di MAN Purwakarta dari tanggal 3 Januari sampai dengan 22 April 2022. 4) Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui observasi, angket, studi kepustakaan dan dokumentasi. 5) Teknik analisis data kualitatif menggunakan pendekatan logika dan data kuantitatif dengan pendekatan statistik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan 1) Motivasi belajar siswa pada penerapan model pembelajaran blended learning termasuk pada kualifikasi tinggi. Hal ini terbukti dengan angka 3,96 berada pada interval 3,40 – 4,19. 2) Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi hukum syara’ dan pembagiannya di masa covid-19 termasuk pada kualifikasi tinggi dengan angka 3,76 berada pada interval 3,40 – 4,19. 3) Pengaruh motivasi belajar siswa pada penerapan model pembelajaran blended learning terhadap aktivitas belajar mereka pada mata pelajaran fiqih materi hukum syara’ dan pembagiannya di masa Covid-19 di kelas XII MAN Purwakarta 74% dan sisanya 26% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Adapun koefisien kolerasi sebesar 0,86 dengan kategori tinggi berada pada interval 0,70 – 0,90. Hasil perhitungan hipotesis diperoleh thitung > ttabel atau 13,27 > 0,2461 maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar; Blended Learning; Aktivitas Belajar |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Alya Azzahra Furqon |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 06:18 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 06:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/51872 |
Actions (login required)
View Item |