Yulanda, Fadya (2022) Bimbingan Islam untuk meningkatkan kesehatan mental anak didik Lapas : Penelitian di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Tanjung Pati, Kab. 50 Kota, Sumatera Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1-.pdf Download (529kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2-.pdf Restricted to Registered users only Download (718kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3-.pdf Restricted to Registered users only Download (587kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4-.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka-.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) | Request a copy |
Abstract
Narapidana anak bukanlah anak yang harus dihukum melainkan anak yang harus dibina serta dibimbing agar menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya serta sadar atas kesalahan yang telah mereka perbuat. Maka dari itu bimbingan Islam diberikan sebagai suatu proses pemberian dukungan yang terfokus, konsisten, dan sistematis kepada individu atau orang kecil dan kelompok, termasuk nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur'an dan hadis Nabi Muhammad untuk lebih memupuk kemampuan atau karakter keagamaan mereka. Tujuan dari penelitian ini, yaitu : (1) Mengetahui kondisi kesehatan mental anak didik lapas; (2) Mengetahui bimbingan Islam di LPKA Kelas II Tanjung Pati, Kab. 50 Kota, Sumatera Barat; (3) Mengetahui hasil bimbingan Islam untuk meningkatkan kesehatan mental anak didik lapas. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa bimbingan Islam merupakan usaha pemberian bantuan secara terus menerus dan sistematis kepada individu atau kelompok orang yang sedang mengalami kesulitan atau masalah dalam menjalani kehidupannya dengan menggunakan pendekatan bimbingan Islam berlandaskan al Qur'an dan hadis. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif yaitu menggambarkan secara sistematis aktual aktual, faktual mengenai bimbingan Islam untuk meningkatkan kesehatan mental anak didik lapas di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Tanjung Pati Sumatera Barat. Adapun teknik pengumpulan data yg digunakan yaitu observasi, wawancara langsung wawancara tertulis dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kondisi kesehatan mental anak didik lapas di LPKA setelah diberikan bimbingan Islam yaitu adanya peningkatan kesehatan mental yang jauh lebih baik; (2) Bimbingan Islam di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Tanjung Pati adalah bimbingan shalat, bimbingan tilawah dan bimbingan akhlak; (3) Bimbingan Islam sangat mempengaruhi kesehatan mental dan kepribadian anak didik lapas, bimbingan yang terarah dengan melakukan pendekatan yang tepat membuat anak didik lapas memahami apa yang diberikan oleh pembimbing / ustadz / konselor / pegawai. Bimbingan Islam membuat anak didik lapas lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan kesehatan mental mereka meningkat lebih baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Islam; Kesehatan Mental; Anak-Anak. |
Subjects: | Social Welfare, Problems and Services Diseases Diseases > Mental Disorders |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Fadya Yulanda |
Date Deposited: | 01 Jul 2022 00:48 |
Last Modified: | 01 Jul 2022 00:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/52187 |
Actions (login required)
View Item |