Pengaruh Total Assets Turnover (TATO) dan Operating Profit Margin (OPM) terhadap Return On Assets (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) di PT Wijaya Karya Tbk periode 2011-2020

Mardiana, Mardiana (2022) Pengaruh Total Assets Turnover (TATO) dan Operating Profit Margin (OPM) terhadap Return On Assets (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) di PT Wijaya Karya Tbk periode 2011-2020. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy

Abstract

Pada dasarnya sebuah laba adalah tujuan utama perusahaan. Tingkat keberhasilan perusahaan biasanya sering dilihat pada tingkat laba yang dihasilkan, dengan begitu meningkatkan profitabilitas dan menjaga kinerja perusahaan merupakan langkah untuk menjaga bisnis tetap hidup. Maka dari itu Return On Assets adalah hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Total Assets Turnover dan Operating Profit Margin merupakan rasio yang dapat mengukur peningkatan dan penurunan kinerja sebuah perusahaan dalam bidang keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial pengaruh Total Assets Turnover terhadap Return On Assets pada PT. Wijaya Karya Tbk, untuk mengetahui secara parsial pengaruh Operating Profit Margin terhadap Return On Assets pada PT. Wijaya Karya Tbk dan pengaruh secara simultan Total Assets Turnover dan Operating Profit Margin terhadap Return On Assets pada PT. Wijaya Karya Tbk. Kerangka berpikir dalam penelitian ini merujuk pada teori yang menyatakan bahwa nilai Total Assets Turnover yang tinggi akan menyebabkan meningkatnya nilai Return On Assets, yang berarti meningkatnya nilai Return On Assets disebabkan oleh meningkatnya nilai Total Assets Turnover begitu pula sebaliknya. Kemudian jika nilai Operating Profit Margin mengalami peningkatan maka Return On Assets akan mengalami peningkatan, begitu pula sebaliknya jika nilai Operating Profit Margin menurun maka nilai Return On Assets pun akan mengalami penurunan. Metode yang digunakan dari penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan merupakan data sekunder yang diambil dari laporan keuangan tahunan PT. Wijaya Karya Tbk periode 2011-2020. Penelitian ini menggunakan beberapa analisis data diantaranya yaitu analisis uji asumsi klasik, analisis deskriptif, dan analisis asosiatif. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan SPSS for windows versi 25.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa Total Assets Turnover secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets dengan koefisien determinasi sebesar 26,3%. Operating Profit Margin secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets dengan koefisien determinasi sebesar 15,7%. Kemudian secara simultan tidak terdapat pengaruh yang siginifikan antara Total Assets Turnover dan Operating Profit Margin terhadap Return On Assets PT. Wijaya Karya Tbk dengan koefisien determinasi sebesar 40,1% dan sisanya sebesar 59,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Total Assets Turnover; Operating Profit Margin; Return On Assets
Subjects: Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Personal Finance
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Mardiana Mardiana
Date Deposited: 05 Jul 2022 01:36
Last Modified: 05 Jul 2022 01:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/52351

Actions (login required)

View Item View Item