Prihatini, Sri (2022) Penerapan Model Pembelajaran Collaborative Creativity (CC) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Getaran Harmonis Sederhana. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (561kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (589kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (730kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (998kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (707kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) | Request a copy |
Abstract
Rendahnya keterampilan berpikir kreatif peserta didik dalam memecahkan atau memberikan solusi suatu permasalahan yang berhubungan dengan fenomena sehari-hari belum terlatihkan secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan, perbedaan dan peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) di kelas eksperimen dan penerapan pendekatan saintifik di kelas kontrol sebagai kelas pembanding pada materi getaran harmonis sederhana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA MAN 1 Kuningan, dengan sampel yang digunakan terdiri dari dua kelas yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 peserta didik dan X IPA 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Lembar Observasi (LO) keterlaksanaan pembelajaran dan soal tes keterampilan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen tergolong sangat baik dan sangat efektif. Rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,73 dengan interpreatasi tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,32 dengan interpretasi sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test menunjukkan nilai t_hitung (5,0455)>t_tabel (2,0003), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif antara peserta didik yang belajar dengan menerapkan model Collaborative Creativity (CC) dengan pendekatan saintifik pada materi getaran harmonis sederhana. Berdasarkan nilai persentase keterlaksanaan pembelajaran, maka model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) lebih baik diterapkan dalam pembelajaran dibandingkan dengan pendekatan saintifik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan berpikir kreatif; model pembelajaran Collaborative Creativity (CC); getaran harmonis sederhana |
Subjects: | Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Sri Prihatini |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 06:57 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 06:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/52974 |
Actions (login required)
View Item |