Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Total Assets Turnover (TATO) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Wijaya Karya Persero Tbk Periode 2011-2020

Wati, Sinta Nagiina (2022) Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Total Assets Turnover (TATO) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Wijaya Karya Persero Tbk Periode 2011-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi mengenai pengaruh Debt to Equity Ratio dan Total Assets Turnover terhadap Return On Equity pada PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk periode 2011-2020. Debt to Equity Ratio merupakan rasio solvabilitas yang menggambarkan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka panjangnya. Sedangkan Total Assets Turnover merupakan rasio aktivitas yang mengukur perputaran seluruh asset perusahaan. Aset menjadi bagian paling penting dalam menjalankan operasional perusahaan, jika aset mampu berputar dengan baik dan digunakan dengan efisien maka akan meningkatkan laba yang diperoleh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh Debt to Equity Ratio secara parsial terhadap Return On Equity; mengetahui besarnya pengaruh Total Assets Turnover secara parsial terhadap Return On Equity; mengetahui besarnya pengaruh Debt to Equity Ratio dan Total Assets Turnover secara parsial terhadap Return On Equity pada PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk Periode 2011-2020. Kerangka pemikiran penelitian didasarkan pada teori yang menyatakan bahwa Debt to Equity Ratio berpengaruh negatif terhadap Return On Equity, artinya apabila Debt to Equity Ratio naik, maka Return On Equity turun, begitupun sebaliknya. Sedangkan Total Assets Turnover berpengaruh positif terhadap Return On Equity, artinya apabila Total Assets Turnover naik, maka Return On Equity naik, begitupun sebaliknya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang dipublikasi PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk periode 2011-2020. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi) analisis uji asosiatif (analisis regresi linier, analisis korelasi, analisis koefisiensi determinasi) analisis uji hipotesis (uji signifikasi parsial (uji T), uji signifikansi simultan (uji F). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Debt to Equity Ratio berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Return On Equity yang dibuktikan dengan nilai t_(hitung )≤ t_tabel (0,782 ≤ 2,306). Secara parsial Total Assets Turnover berpengaruh positif signifikan terhadap Return On Equity dibuktikan dengan nilai t_(hitung )≥ t_tabel (5,536 ≥ 2,306). Secara simultan Debt to Equity Ratio dan Total Assets Turnover berpengaruh positif signifikan terhadap Return On Equity dibuktikan dengan nilai F_hitung ≥ F_tabel (15,630 ≥ 4,737).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Debt to Equity Ratio; Total Assets Turnover; Return On Equity
Subjects: Econmics
Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Sinta Nagiina Wati
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:53
Last Modified: 27 Jul 2022 03:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/53607

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item