Nisa, Sofiyatun (2022) Pengaruh manajemen terhadap peningkatan kualitas Tahfidz Al-Qur'an. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
-abstrak.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
-daftarisi.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
-bab1.pdf Download (388kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
-bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
-bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (942kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
-daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
Abstract
Manajemen menurut G.R Terry ialah merupakan sebuah proses yang khas yang meliputi langkah-langkah tindakan dalam perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian dalam usaha untuk mncapai objek-objek yang sudah di tentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah variabel X (manajemen) berpengaruh terhadap variabel Y (kualitas tahfidz Al-Qur’an). Dengan menggunakan empat fungsi manajemen sehingga dapat dimunculkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta pengawasan terhadap peningkatan kualitas tahfidz Al-Qur’an. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori manajemen dakwahmenurut Yunan Yusuf, yaitu manajemen dakwah adalah proses memanaje dakwahmelalui POAC yaitu Planning (perencanaan), Organizing (pengorganisasian),Actuating (pelaksanaan), dan Controlling (pengawasan/evaluasi) agar tercapai sasaran dan tujuan yang telah ditentukan, dengan harapan proses dakwah tersebut memperoleh hasil lebih efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif, yang ditujukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh manajemen dakwah terhadap peningkatan kualitas tahfidz Al Qur’an di Sekolah Alam Tahfidz Qur’an Majalengka. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu:wawancara dan angket. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 kemudian nilai thitung > ttabel yakni 4.388 > 2.042 artinya memiliki nilai positif sehingga sebagian besar responden menyetujui bahwa perencanaan di Sekolah Alam Tahfidz Qur’an Majalengka tergolong baik dan memiliki pengaruh. Selanjutnya penelitian menunjukan bahwa pengorganisasian memiliki nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 kemudian nilai thitung > ttabel yakni 3.650 > 2.042 artinya memiliki nilai positif sehingga sebagian besar responden menyetujui bahwa pengorganisasian di Sekolah Alam Tahfidz Qur’an Majalengkatergolong baik dan memiliki pengaruh. Kemudian penelitian menunjukan bahwa pelaksaan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 kemudian nilai thitung > ttabel yakni 5.759 > 2.042 artinya memiliki nilai positif sehingga sebagian besar responden menyetujui bahwa pelaksanaan di Sekolah Alam Tahfidz Qur’an Majalengka tergolong baik dan memiliki pengaruh. Terakhir yaitu pengawasan yang menunjukan bahwa memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 kemudian nilai thitung > ttabel yakni 11.592 > 2.042 artinya memiliki nilai positif dan memiliki pengaruh. Maka besarnya pengaruh yang diberikan oleh manajemen terhadap kualitas tahfidz Al-Qur’an adalah 93,1% Sedangkan sisanya sebesar 6,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar persamaan regresi ini atau variabel yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Kualitas Tahfidz |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an General Management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Sofiyatun Nisa |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 02:44 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 04:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/53651 |
Actions (login required)
View Item |