Pengaruh Cash Ratio dan Non Performing Financing Net (NPF Net) terhadap Return On Assets (ROA) pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk periode 2011-2021

Purbaningrum, Hanifah (2022) Pengaruh Cash Ratio dan Non Performing Financing Net (NPF Net) terhadap Return On Assets (ROA) pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk periode 2011-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (885kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap perbankan syariah pertama di Indonesia dalam mempertahankan kinerja bank tersebut, melihat saat ini banyak bermunculan perbankan syariah lainnya khususnya di Indonesia sendiri. Kinerja perbankan syariah dilihat melalui laporan keuangan yang tersedia. Kinerja bank tersebut baik tidaknya dapat dilihat salah satunya melalui ketersediaan kas yang ada, pembiayaan bermasalah serta keuntungan yang di dapat pada setiap tahunnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Cash Ratio secara parsial terhadap Return On Assets (ROA) pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk; mengetahui pengaruh Non Performing Financing Net (NPF Net) secara parsial terhadap Return On Assets (ROA) pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk; serta yang terakhir mengetahui pengaruh Cash Ratio dan Non Performing Financing Net (NPF Net) secara simultan terhadap Return On Assets (ROA) pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. Kerangka berpikir penelitian berdasarkan pada teori yang menyatakan bahwa Cash Ratio berpengaruh positif terhadap ROA, artinya apabila Cash Ratio mengalami kenaikan maka ROA akan mengalami kenaikan pula sebaliknya apabila Cash Ratio mengalami penurunan maka ROA akan mengalami penurunan. Sedangkan teori NPF Net menyatakan berpengaruh negatif terhadap ROA, artinya apabila NPF Net mengalami kenaikan maka ROA akan mengalami penurunan, sebaliknya apabila NPF Net mengalami penurunan maka ROA akan mengalami kenaikan. Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan yaitu data sekunder yang didapat melalui laporan keuangan tahunan yang telah dipublikasi pada website resmi PT Bank Muamalat Indonesia Tbk periode 2011-2021. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisis regresi sederhana dan berganda, korelasi pearson product moment dan korelasi berganda, koefisien determinasi, serta analisis uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Pada penelitian memperoleh hasil secara parsial Cash Ratio negatif tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA, dengan nilai koefisien determinasi sebesar 5,5 %. Selanjutnya hasil penelitian secara parsial NPF Net negatif tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA, dengan nilai koefisien determinasi sebesar 10 %. Kemudian secara simultan Cash Ratio dan NPF Net tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA, dengan nilai koefisien determinasi sebesar 33,1 %. Kata Kunci: Cash Ratio, Non Performing Financing Net (NPF Net), Return On Asset (ROA)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cash Ratio; Non Performing Financing Net (NPF Net); Return On Assets (ROA)
Subjects: Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Hanifah Purbaningrum
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:37
Last Modified: 21 Jul 2022 03:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/53719

Actions (login required)

View Item View Item