Model Tabligh Aa Rhoma Muda : Studi kasus pada Tabligh K.H. Hilman Mubarok di Desa Sukaharja Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor

Rahmawati, Alfina (2022) Model Tabligh Aa Rhoma Muda : Studi kasus pada Tabligh K.H. Hilman Mubarok di Desa Sukaharja Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (566kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy

Abstract

Masyarakat merupakan sekelompok manusia yang sangat sulit untuk dimengerti, memiliki keinginan dan ego masing-masing, apalagi hidup berdampingan dengan kondisi masyarakat yang notabennya beragam. Sebenarnya masyarakat membutuhkan pengingat-pengingat untuk menyatukan mereka dalam lingkar ketakwaan, karena hidup didunia bukan perihal hidup semena-mena mengikuti ego apalagi hawa nafsu. Kita memerlukan kegiatan dakwah yang selalu mengingatkan kita, agar tidak lupa akan tujuan hidup yang sebenarnya. Dakwah hadir untuk mengendalikan kehidupan manusia dimuka bumi ini dan kegiatan tabligh sangat dibutuhkan untuk membangun masyarakat menjadi lebih baik, khususnya pada masyarakat di Desa Sukaharja, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor. Maka peran muballigh begitu penting dalam hal ini, untuk menyampaikan nilai-nilai islami yang harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji model tabligh dari sang muballigh professional yaitu Aa Rhoma Muda yang berhasil mencuri perhatian masyarakat yang heterogen untuk menjadi lebih baik dan peka terhadap sesamanya. Menciptakan suasan tabligh yang efektif untuk terciptanya kualitas takwa dan kemashlahatan umat. Penelitian dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif, paradigmanya adalah konstruktivisme, melalui pendekatan kualiatatif pada metode studi kasus ini, untuk menggali segala informasi yang menarik dalam kegiatan tabligh Aa Rhoma Muda yang berlokasi di Desa Sukaharja, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa seorang muballigh perlu memiliki strategi model tabligh dalam kegiatan dakwahnya. Aa Rhoma Muda ini termasuk seorang muballigh professional yang berhasil memikat sasaran tablighnya, beliau sering melakukan safari dakwah dan uniknya beliau mampu mengemas tabligh dengan apik dan menawan. Sehingga sering diundang untukmengisi tabligh di desa Sukaharja Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor. Nama Aa Rhoma Mudapun sudah melekat dihati masyarakat dengan ciri khas nya yang unik mirip sekali dengan H. Rhoma Irama. Bahkan, Aa Rhoma Muda didukung penuh oleh sang idola dan hubungan mereka sangat dekat serta masyarakat menilai bahwa Aa Rhoma Muda seperti Rhoma Irama versi muda, namun perbedaannya Aa Rhoma Muda adalah seorang muballigh kondang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model; Tabligh; Aa Rhoma Muda
Subjects: Islam > Islam and Social Sciences
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Alfina Rahmawati
Date Deposited: 25 Jul 2022 03:45
Last Modified: 25 Jul 2022 03:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/53899

Actions (login required)

View Item View Item